-->

Sabtu, 26 November 2011

Bayi Caesar Cenderung Gemuk

BAYI yang dilahirkan melalui operasi caesar lebih mungkin akan kelebihan berat badan jika dibandingkan dengan mereka yang lahir secara alami, menurut sebuah studi terbaru.

Penelitian di Imperial College London melibatkan 62 bayi telah mengungkapkan bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar memiliki tingkat lemak dalam hati mereka lebih banyak daripada mereka yang lahir secara alami.

Percobaan lebih lanjut sekarang sedang berjalan kini untuk menguji teori bahwa metode bedah mencegah pelepasan hormon yang mengontrol metabolisme di kemudian hari.

Memang telah lama diduga, jenis persalinan berdampak pada fungsi paru-paru dan naluri makan bayi baru lahir, tapi sekarang konsekuensi lainnya sedang dipertimbangkan.

Terlebih, kini jumlah perempuan yang memilih melahirkan secara caesar telah meningkat secara dramatis. Beberapa peneliti mengklaim, jumlah persalinan Caesar telah meningkat sebanyak 250 persen dalam 30 tahun terakhir.

"Kami memiliki data awal yang menunjukkan bahwa proses pada hati dan penanganan lemak akan terdistorsi jika Anda adalah bayi yang tidak mengalami persalinan normal," kata peneliti Profesor Neena Modi dikutip Daily Mail.

"Ini memicu proses metabolisme yang memungkinkan (Anda) untuk menangani lemak. Kami berhipotesis bahwa jika Anda tidak lahir melalui persalinan normal, pembangunan metabolisme normal Anda terdistorsi," katanya. Modi menambahkan, operasi caesar juga dapat memengaruhi keseimbangan alami dari hormon dan enzim. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates