-->

Sabtu, 05 November 2011

APA yang Anda bisa lakukan ketika mobil mogok akibat baterai (aki) lemah di tempat yang tidak mungkin untuk mendorongnya? Tayangan di YouTube ini mungkin bisa menjawab pertanyaan tadi.

Dua pria Russia ini punya trik jitu mengatasi masalah tersebut. Mereka menyiasatinya dengan cara mendongkrak salah satu roda depan, memutar kunci kontak pada posisi on, lalu memasukkan persneling ke gigi 2.

Setelah itu mereka melilitkan tali pada ban dan menariknya kuat-kuat seperti proses menghidupkan mesin generator. Dan ajaibnya, cara ini sukses. Namun sebelum Anda mencoba menirunya, kami ingin memberikan sejumlah catatan penting terkait faktor keamanannya.

Karena cara ini bukan tidak berisiko, maka pastikan posisi kendaraan cukup kukuh saat salah satu roda diangkat dengan dongkrak. Aktifkan rem parkir (rem tangan) agar kendaraan tidak mudah bergeser. Pastikan juga bagian tali/tambang yang Anda gunakan untuk melilit ban tidak terlalu panjang.

Tujuannya agar tambang mudah terlepas begitu mesin hidup. Jika tidak, dikhawatirkan tangan mudah terluka akibat sentakan putaran mesin, bahkan yang lebih parah lagi, Anda bisa tertarik dan terhempas akibat tali yang melilit ban tersebut tergulung pada ban yang berputar.

Untuk catatan: Cara ini tidak berlaku untuk kendaraan roda empat bertransmisi otomatis. Selain itu, solusi ala MacGyver ini akan cukup berat dilakukan pada kendaraan yang memiliki mesin dengan jumlah silinder lebih dari empat. Kecuali Anda memiliki kekuatan seperti Hulk.

Klik di http://www.youtube.com/watch?v=xwdNPbCcPzk

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates