-->

Minggu, 20 November 2011

Semangka Bantu Kurangi Aterosklerosis

STUDI baru menunjukkan bukti bahwa semangka dapat meredakan aterosklerosis. Adapun aterosklerosis adalah suatu kondisi berupa pengumpulan lemak (lipid) di sepanjang dinding arteri. Lemak ini kemudian mengental, mengeras, dan akhirnya mempersempit saluran arteri sehingga mengurangi suplai oksigen maupun darah ke organ-organ tubuh.

Kumpulan lemak yang mengeras di dinding arteri itu disebut plak. Bila menutupi saluran arteri sepenuhnya, jaringan yang disuplai oleh arteri akan mati. Bila arteri jantung tersumbat, pasien bisa terkena angina, serangan jantung, gagal jantung kongestif, atau irama jantung abnormal. Bila arteri otak yang tersumbat, pasien bisa terkena stroke, baik ringan ataupun berat.

Peneliti dari University of Kentucky telah mengklaim hasil penelitian yang mengunakan tikus sebagai hewan percobaan. Tikus yang menjalani diet kolesterol tinggi yang diberi jus semangka selama delapan minggu, memiliki berat badan lebih rendah jika dibandingkan dengan kelompok tikus yang hanya diberi air. Penurunan itu disebabkan adanya penurunan massa lemak.

Konsentrasi plasma kolesterol secara signifikan terlihat lebih rendah seiring dengan berkurangnya konsentrasi kolesterol lipoprotein sederhana dan menengah. Terungkap pula hewan tersebut juga mengalami penurunan signifikan secara statistik pada lesi aterosklerotik. "Semangka memang memiliki banyak manfaat kesehatan," kata ketua peneliti Dr Sibu Saha. "Uji coba ini telah menemukan tiga manfaat kesehatan yang menarik dalam pada tikus penderita aterosklerosis. Tujuan penelitian ini sebenarnya adalah untuk mengidentifikasi senyawa bioaktif yang akan meningkatkan kesehatan manusia," katanya seperti dikutip dari Times of India, Jumat (28/10). (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates