-->

Minggu, 20 November 2011

Waspada Produk Madu Palsu

ANDA biasa mengonsumsi madu dan kerap membeli produk madu kemasan di supermarket? Tahukah Anda, produk madu yang Anda beli ternyata belum tentu terbuat dari madu asli.

Sebuah studi terbaru yang digelar oleh Food Safety News AS menunjukkan bahwa sebagian besar madudi supermarketnegara itu ternyata tidak benar-benar dari madu. Lebih dari 60 jenis madu dari supermarket, toko obat, dan klub belanja termasuk Stop and Shop, Safeway, Wegman's, A&P, Kroger, CVS, Walgreens, Sam's Club, dan Walmart diuji oleh Vaughn Bryant, seorang profesordi Texas A&M University.

Ia menemukan bahwa kebanyakan dari produk madu tersebut mengalami proses ultra filtrasiyang menyaring serbuk sari. Tanpa serbuk sari,tidak mungkin untuk mengetahui apakah madu berasal dari sumber yang aman atau apakahitu madu yang asli.

Terlebih banyak produk madu yang menjalani proses ultra filtrasi berasal dari China sehingga berpotensi terkontaminasi atau diencerkan dengan sirup jagung fruktosa tinggi.

Menurut Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA), sebuah Produk yang menjalani proses ultra filtras isehingga tidak mengandung serbuk sari tidak dapat dianggap madu.Apalagi FDA tidak mampu memeriksa kandungan serbuk sari pada setiap produk madudi supermarket.

Ini berarti bahwa produsen bermain-main dan longgar dengan aturan tersebut. Salah satu produsen mengakui proses ultrafiltrasi itu memang memiliki tujuan tersendiri.

"Kami menyaringnya karena pembeli Amerika Utara ingin madu yang lebih jernih," kata BobOlneydari Honey Tree Inc, perusahaan asal Michigan yang memproduksi madu berlogo Winnie the Pooh dan dipasarkan di Walmart.

Adapun produsen lain bersikeras bahwa madu yang telah difiltrasi lebih awet dan lebih tahan dari pembusukan. "Toko-tokoingin madu yang sudah diproses karena mampu tahan lebih lamadi rak," kata seorangjuru bicara Silverbow Honey.

Di sisi lain, para peternak lebah menunjukkan bahwa metode penyaringan tradisiona dapat menghilangkan kotorandan lilin. Adapun banyaknya serbuk sarijustru membuktikan bahwa madu itu asli.

Peternak lebah Richard Adee, mengatakan bahwa rasa dan nilai gizi madu selama berabad-abad telah diakui. Namun, semua kelebihan itu justru disingkirkan oleh proses ultrafiltrasi.(Pri/X-13)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates