-->

Minggu, 20 November 2011

Strategi Makan Buah Setiap Hari

BUAH adalah makanan berserat yang sangat berfungsi untuk memelihara usus. Serat tidak dapat dicerna oleh pencernaan sehingga serat tidak menghasilkan tenaga dan dibuang melalui tinja. Serat tidak untuk mengenyangkan tetapi dapat menunda pengosongan lambung sehingga orang menjadi tidak cepat lapar.

Oleh karena itu, buah-buahan sebaiknya dimakan 2-3 kali sehari. Contohnya, setiap kali makan setengah mangkuk buah yang diiris, satu gelas jus atau satu buah jeruk, apel, jambu biji atau pisang. Makanlah berbagai macam buah karena akan memperkaya variasi zat gizi yang terkandung dalam buah. Lalu bagaimana cara agar kita bisa selalu makan buah setiap hari? Coba cara berikut

a. Campur dengan sarapan
Makan satu buah utuh untuk sarapan. Jika Anda makan telur dan roti, tambahkan buah seperti pisang atau pepaya. Jika Anda makan sereal, kemudian tambahkan buah seperti apel ke mangkuk. Tidak peduli apa jenis sarapan Anda, tambahkan satu saja potongan buah. Itu sudah efektif meningkatkan gizi harian dan menjaga stamina serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama hingga makan siang nanti.

b. Camilan makan siang
Bawalah semangkuk buah cincang, atau buah utuh sebagai bekal dan kunyah sembari bekerja. Anda juga bisa membeli potongan buah di supermarket atau di pedagang rujak.

c. Camil sebelum makan malam
Pada pukul 16.00 WIB, tubuh Anda sudah mengingkan gula dan karbohidrat. Untuk mengatasinya, kunyah beberapa buah. Boleh juga memilih salad buah atau rujak.

d. Camilan larut malam
Godaan mengemil pastinya akan tetap muncul hingga larut malam, bahkan sesaat sebelum waktu tidur. Lagi-lagi buah-buahan bisa membantu Anda. Simpan selalu buah-buahan di dapur supaya Anda mudah menemukannya. Ketika lapar menyerang di malam hari, Anda tinggal ke dapur dan melahap buah seperti pisang, apel, atau pepaya. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

armouris mengatakan...

lagi info tentang pisang - Khasiat Pisang

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates