-->

Senin, 01 November 2010

Empat Mitos Perceraian

Sebagian pasangan menganggap perceraian sebagai jalan keluar terbaik atas masalah rumah tangga yang terus memburuk. Tapi, keputusan berpisah itu tak bisa dilakukan dengan gegabah. Perlu pemikiran matang.

Sebelum mengambil keputusan final, simak beberapa mitos tentang perceraian berikut ini, seperti dikutip dari laman Shine.

1. Butuh biaya mahal

Banyak pasangan memikirkan biaya perceraian yang mahal, setidaknya untuk membayar pengacara. Itulah mengapa selalu disarankan untuk mengedepankan penyelesaian kekeluargaan. Kalaupun perceraian sudah menjadi pilihan, jalan kekeluargaan tetap diperlukan untuk meniadakan jasa pengacara. Jika pasangan sudah memiliki kesepakatan kompak di luar pengadilan, biaya pun relatif lebih kecil.

2. Psikologis anak terganggu

Banyak pasangan bertahan dalam rumah tangga buruk dengan alasan demi kebahagiaan anak. Padahal, lingkungan rumah tangga yang buruk justru akan memengaruhi psikologis anak. Ada penelitian menunjukkan bahwa anak yang tinggal di lingkungan penuh luapan emosi orangtua akan terganggu mentalnya.

Jika usaha mengembalikan keharmonisan rumah tangga sudah maksimal, memang sebaiknya tak memaksakan kondisi. Jangan sampai pertengkaran orangtua tanpa henti mengganggu psikologis anak. Ketika Anda mengalami situasi 'panas' dengan suami tanpa henti, Anda harus segera mencari solusi untuk membebaskan anak dari situasi rumah tangga yang kacau. Kadangkala, perpisahan justru lebih baik untuk anak.

3. Mudah bercerai jika tak punya anak

Seringkali, memiliki anak membuat proses perceraian menjadi rumit, karena perlu mengurus hak asuh anak. Tapi, bukan berarti pernikahan tanpa anak lebih mudah melalui proses perceraian. Berpikir matang sebelum memutuskan perceraian tetap penting.

4. Silaturahmi dengan mantan pasangan putus

Perceraian mungkin akan membuat hubungan antarkeluarga menjadi canggung. Meski tak semua perceraian merusak silaturahmi, namun, sebagian besar mengalami ini. Yang pasti, dinamika hubungan Anda pasti akan berubah. (pet)


Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates