-->

Kamis, 04 November 2010

Tips Manjakan Kaki


Tanpa sadar, orang mempekerjakan kaki selama berjam-jam dalam setiap aktivitas hariannya. Mulai dari berjalan, berdiri, duduk bersilang kaki, hingga olahraga. Sebagai penopang tubuh, tak berlebihan jika kaki membutuhkan perhatian khusus.

Agar kaki sehat dan kuat, berikut sejumlah tips perawatan yang bisa Anda coba, seperti dikutip dari Times of india:

Olahraga

Pilih olahraga ringan yang tak terlalu membebani kaki seperti bersepeda, jogging, atau tenis. Latihan fisik secara rutin penting untuk memperkuat otot kaki. Tapi ingat, jangan lupa menyertakan pemanasan dan pendingan dalam setiap latihan.

Pilihan alas kaki

Pilih alas kaki yang nyaman untuk aktivitas harian. Jangan paksakan diri mengenakan sepatu yang terlalu sempit atau tak nyaman. Usahakan pula tak mengenakan sepatu high heels terlalu lama. Memakai sepatu terlalu sempit atau sepatu bertumit tinggi dengan frekuensi tinggi bisa membuat kaki stres.

Peregangan

Biasakan diri melakukan relaksasi sederhana di sela-sela aktivitas. Yang cukup mudah dilakukan adalah peregangan dengan memutar pergelangan dan jemari kaki. Ini penting untuk mencegah terjadinya cedera kaki.

Kebesihan alas kaki

Perhatikan kelembaban sepatu Anda. Jangan sampai sepatu menjadi tempat tumbuh subur jamur. Selain rutin membersihkan alas kaki, terutama yang model tertutup, biasakan pula membersihkan kaki sebelum dan setelah mengenakan alas kaki.

Relaksasi

Sesekali manjakan kaki Anda. Kunjungi spa atau pusat relaksasi untuk menjaga kesehatan kaki. Merendam kaki Anda dalam air hangat tiga kali seminggu juga cukup menyegarkan dan melembutkan kaki. (pet)




Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates