-->

Jumat, 26 November 2010

Sehatkan Jantung dengan Cuka Apel


Selama ini mungkin Anda mengira buah apel hanyalah jenis makanan pencuci mulut yang menyegarkan. Padahal lebih dari itu. Sari buah apel yang difermentasi menjadi cuka, memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan jantung.

Seperti dikutip dari Daily Mail, sebuah penelitian di Minnesota, Amerika Serikat, mengungkap, konsumsi sesendok atau dua sendok cuka apel setiap hari bermanfaat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Para peneliti meyakini bahwa mereka yang mengonsumsi cuka apel secara rutin selama delapan minggu akan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik, sekaligus efektif menekan kolesterol jahat (LDL) penyumbat pembuluh darah.

Penelitian dilakukan terhadap 120 partisipan yang dibagi dalam dua kelompok. Masing-masing kelompok mendapat perlakukan berbeda. Kelompok pertama, mendapat asupan cuka secara rutin. Sementara kelompok lainnya, mengasup suplemen kosong atau plasebo.

Studi terpisah dilakukan terhadap sejumlah hewan percobaan dengan diabetes. Tak hanya efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, cuka apel juga baik untuk menurunkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan. Cuka apel diyakini dapat mempercepat pembakaran lemak. (pet)


Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates