-->

Minggu, 14 November 2010

Makin Langsing, Makin Pintar


Jika Anda ingin menjaga tubuh agar tetap langsing sekaligus meningkatkan fungsi otak, cara paling tepat adalah dengan berolahraga. "Olahraga adalah 'sihir utama' untuk mendapatkan kebugaran otak dan tubuh," kata John Medina, PhD, Kepala Brain Center for Applied Learning di Seattle Pacific University.

Aktivitas fisik dalam darah menggenangi jaringan syaraf yang kaya oksigen. Kondisi tersebut akan meningkatkan produksi bahan kimia dan meningkatkan daya ingat, perhatian dan kemampuan memecahkan masalah. Berikut lima langkah agar Anda tetap langsing dan makin pintar.

1. Jalan-jalan di taman

Peneliti dari University of Michigan menemukan bahwa memori dan perhatian meningkat 20 persen ketika seseorang berjalan di taman. Alam memiliki efek menenangkan, yang memungkinkan otak untuk memproses informasi dengan lebih baik.

2. Tai Chi

Studi telah lama menunjukkan, latihan Tai Chi meningkatkan keseimbangan. Penelitian terbaru juga menunjukkan latihan tersebut dapat melindungi area otak yang bertanggung jawab atas rasa sentuhan, yang cenderung memudar setelah umur 40 tahun. Dalam studi Harvard baru-baru ini, menunjukkan orang yang berusia 50 hingga 60 tahun yang melakukan tai chi memiliki sensitifitas sentuhan yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak melakukan Tai Chi.

3. Olahraga intensif

Sebuah studi pada 2007 menemukan bahwa seseorang yang melakukan dua kali sprint (lari cepat) selama 3 menit bisa menghafal kata-kata baru, 20 persen lebih cepat sesudahnya dibandingkan mereka yang tidak melakukan latihan. Anda bisa melakukan latihan kardio untuk meningkatkan aliran darah dan memicu pertumbuhan di area hippocampus yang bertanggung jawab untuk perkembangan memori dan kemampuan verbal.

4. Keseimbangan

Dalam sebuah penelitian di Kanada, orang dewasa yang lebih tua yang yang melakukan olahraga angkat beban sambil latihan keseimbangn kemampuan pengambilan keputusan meningkat hampir 13 persen dalam 6 bulan. Jadi, tambahkan latihan keseimbangan dalam daftar latihan wajib Anda.

5. Lempar bola

Para peneliti di Jerman menemukan, remaja yang bermain melempar bola dengan tangan selama 10 menit, dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi mereka pada pelajaran dan tes yang akan dilakukannya. Anda tidak perlu menjadi seorang remaja untuk mendapat keuntungan itu, karena menurut peneliti bermain lempar bola bisa meningkatkan fokus kontrol pada otak.



Sumber
VIVAnews


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates