-->

Selasa, 27 Juli 2010

Delapan Makanan Pencegah Tidur Nyenyak

MAKANAN dan minuman yang Anda konsumsi pada jam-jam dan menit terakhir sebelum tidur turut memengaruhi kualitas tidur. Beberapa makanan membuat Anda tidur nyenyak dan ada juga yang membuat Anda terbangun berulang-ulang.

Berikut beberapa hubungan antara makanan dengan tidur yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Makanan terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa mengganggu tidur. Kudapan ringan sebelum tidur bisa mengundang rasa ngantuk. Tapi, terlalu banyak makanan akan membuat pencernaan tidak nyaman sehingga membuat Anda tetap terjaga.

2. Alkohol merupakan pisau bermata dua. Dalam jumlah kecil, alkohol bisa membantu Anda tertidur. Tapi begitu tubuh memetabolisme alkohol, tidur akan terbagi-bagi. Alkohol memperburuk insomnia dan mengganggu tidur rapid eye movement (REM). Saat REM, tubuh berada dalam fase perbaikan. Selain itu, alkohol juga bisa memicu dehidrasi, sehingga membuat Anda kelelahan di keesokan harinya.

3. Kafein bisa mengganggu tidur. Untuk beberapa orang, setiap makanan atau minuman yang mengandung kafein bisa mengganggu tidur. Jika Anda sensitif terhadap kafein, hindari mengonsumsi kafein di siang atau malam hari.

4. Kurangi lemak. Jika Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak di malam hari atau mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan mulas dan heartburn (rasa sakit di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan), tidur Anda juga akan terganggu.

5. Jangan makan di tengah malam. Penderita heartburn atau naiknya asam lambung sebaiknya menghindari makanan di tengah malam atau makan berat yang akan menunda pengosongan lambung. Berbaring dengan perut penuh akan mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini akan memicu heartburn dan mengganggu tidur.

6. Minum cairan tepat sebelum jam tidur juga bisa memicu masalah. Hindari cairan setelah makan malam untuk mengurangi keperluan buang air kecil di sepanjang malam.

7. Susu dan madu undang kantuk. Susu mengandung tryptophan, asam amino esensial yang berfungsi mengundang rasa ngantuk. Tryptophan meningkatkan kadar serotonin, penenang alami, dalam otak. Karena itu, pengobatan alami seringkali melibatkan susu hangat dengan satu sendok madu, gula sederhana. Karbohidrat memfasilitasi masuknya tryptophan ke otak.

8. Herbal pembantu. Banyak herbal yang dinyatakan bisa mengundang kantuk. Salah satu yang paling populer adalah valerian. Manfaatnya sebagai penenang juga didukung oleh penelitian. Peneliti menemukan bahwa kandungan aktif dalam akar valerian menekan sistem saraf pusat dan merilekskan jaringan otot halus. Valerian yang diseduh dalam bentuk teh atau dikonsumsi dalam bentuk kapsul dan cairan bisa mengurangi waktu yang diperlukan untuk tertidur. (IK/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates