-->

Jumat, 30 Juli 2010

Puting susu terasa nyeri

Dok, saya mau tanya mengenai istri saya. Dia merasakan nyeri di puting susunya setelah dikulum (maaf) saat kami berhubungan. Keesokan harinya, sakit itu mulai berkurang meski kadang masih terasa sakit. Upaya minum obat bebas antinyeri kepala ternyata manjur juga. Tidak sampai setengah hari, rasa nyeri hilang total. Yang ingin saya tanyakan apakah puting susu yang nyeri itu timbul dari kuluman yang terlalu keras? Apakah risiko yang lebih besar dari kejadian tersebut? Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih.

Johny, Solo Baru.
Bapak Johny yang baik,

Apa yang dialami istri Anda bisa jadi petanda adanya iritasi pada puting susu akibat gigi yang tajam atau tekanan dari mulut. Patut diingat, puting susu terdiri dari saraf-saraf halus yang sangat peka dan sangat sensitif terhadap sentuhan. Iritasi yang terjadi cukup ringan, terbukti dari minum obat anti nyeri kepala memberikan perbaikan yang nyata.

Dan seperti persangkaan Anda, iritasi tersebut bisa saja bersifat mendalam, yang menimbulkan komplikasi yang tak sedikit. Mastitis salah satunya.

Mastitis merupakan peradangan payudara yang disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui puting susu yang rusak. Payudara yang terinfeksi biasanya kelihatan merah dan membengkak, terasa hangat dan lembek. Selain itu, si penderita bisa merasa letih dan mengalami demam tinggi dengan detak jantung cepat.

Jika tidak dirawat dengan benar, mastitis dapat menyebabkan abses payudara. Kejadian ini tidak terlalu banyak prosentasenya. Kondisi ini ditandai dengan pembentukan nanah pada payudara. Sejumlah nanah keluar melalui putting susu. Payudara yang abses terlihat merah kebiru-biruan, membengkak dan meradang. Permukaan kulitnya terasa sangat hangat dan lembek.

Pada kasus yang ringan, dapat diupayakan dengan kompres dingin dan menggunakan obat anti nyeri. Namun bila berlanjut hingga berat mau tidak mau harus menggunakan antibiotika dan kadang perlu tindakan bedah untuk mengatasinya. Begitu jawaban yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat. Salam



Sumber
Solopos.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates