-->

Jumat, 30 Juli 2010

Kopokan (congek)

1. Untuk mengatasi gangguan kuping, teteskan sedikit minyak kecubung dalam kuping. Obat ini mengurangi rasa sakit dan melarutkan keluaran-keluaran kuping sehingga dapat dengan mudah dibersihkan dengan kapas.
2. Selain minyak kecubung, kita dapat membuat ekstrak lain yang lebih kuat dan lebih manjur. Cara membuatnya adalah dengan melubangi buah kecubung untuk mengambiI bagian dalamnya yang kemudian harus haluskan. Selanjutnya, tambahkan sedikit minyak kelapa dan minyak zaitun. Masukkan ramuan ini kembali ke dalam buah yang sudah dilubangi tadi dan panaskan di atas lampu sampai minyaknya menjadi agak hangat.
Keluarkan lagi isinya dan saring minyaknya dengan kain. Untuk memanfaatkannya, teteskan sedikit minyak dalam kuping, lalu tutup kuping dengan kapas.
3. Juga bisa digunakan biji kapas tahun dan dua umbi kencur ditumbuk halus dan bersama tiga belas daun iler direbus dalam segelas air. Minyak yang keluar dari rebusan ini disaring dan dipakai untuk mengobati sakit kuping.
4. Bisa pula menggunakan remasan segenggam daun kuping macan disaring dengan kain dan diteteskan dalam kuping.
5. Cairan dari umbi laos merah muda yang dikukus juga dapat digunakan untuk mengobati sakit kuping.

Kecubung (Datura fastuosa)
Dikenal tiga jenis kecubung, yakni yang berbunga putih, kecubung dengan bunga tunggal kecil yang disebut kecubung kasihan dan kecubung dengan bunga ganda warna ungu tua, yaitu kecubung merah atau kecubung hitam. Bunga kecubung beracun dan bunga yang berwarna putih yang paling beracun. Tetapi secara ilmiah dibuktikan bahwa racun ini tidak begitu hebat. Tanaman dikembangkan dari stek atau biji. Asap dari bunga dan biji yang dikeringkan bekerja membius. Pada waktu keracunan kecubung, harus diusahakan agar penderita tetap bangun. Obat antiracun yang paling baik adalah kopi yang sangat kental dan udara segar. .

Kapas tahun (Gossypium vitifolium Auct atau Gossypium acuminatumRoxb)
Semak kokoh yang tumbuh di seluruh negeri yang beriklim panas. Salah satu jenisnya menghasilkan kapas. Bijinya mengandung minyak. Pengembangan dengan biji.

Kencur (Kaempferia galanga Linn)
Tanaman ini banyak ditanam di tanah gembur dengan iklim sedang. Daun tetap rendah. Akarnya berkembang sangat cepat sehingga sangat memiskinkan tanah. Baunya sangat aromatis, khasiatnya menghangatkan. Jika daun tanaman ini di permulaan musim kemarau gugur, maka itulah waktu panen kencur. Umbi-umbi ini dapat ditanam pada waktu permulaan musim hujan.

Iler atau miana (Coleus atropurpureus Benth)
Berbagai varietas tanaman ini terdapat di dataran rendah Jawa sampai pada ketinggian 1.300 mdpl. Bunga berwarna ungu dengan tangkai panjang. Dapat tumbuh subur tanpa perawatan khusus Untuk bahan obat, varietas dengan daun berwarna merah cokelat gelap adalah varietas terbaik. Varietas lain lebih indah, bahkan ada yang berwarna cemerlang, tetapi tidak berkhasiat. Dikembangkan dengan stek.

Kuping macan (Saxifraga sarmentosa Linn)
Tanaman hias yang mempunyai rangkaian-rangkaian panjang dari bunga-bunga halus putih, berasal dari Cina dan Jepang.

Laos (Alpinia galanga Sw)
Tanaman ini di daerah Melayu disebut langkuas. Ada varietas dengan akar putih yang dipakai dalam bumbu masakan dan varietas dengan akar yang luar dalam berwarna merah dan digunakan dalam obat. Jenis ini disebut laos merah.

Sumber: Atlas van Indische Geneeskrachtige Platen oleh J Kloppenburgh-Vesteegh, 1911. Alih bahasa oleh drh J Soegiri dan Prof Nawangsari, IPB Press, 2006 dan wikipedia.


Sumber
Solopos.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

Cara Memperbesar Alat Vital mengatakan...

saya suka blok anda tentang kopokan congek, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari anda. apakah anda menjalankan situs lain????

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates