-->

Selasa, 27 Juli 2010

Tips : Menidurkan Anak Tanpa "Peperangan"

Untuk beberapa orang tua kebanyakan, menidurkan anak adalah hal yang paling sulit. Kadang orang tua membiarkan anak lelah, agar bisa tertidur. Namun ternyata, hal tersebut merupakan cara yang salah karena dapat membuat si anak tidur lebih larut dan bangun lebih awal.

Berikut ini tips bagaimana menidurkan anak tanpa perlu memaksanya ke tempat tidur seperti yang dikutip webMD :

1. Pastikan waktu tidur anak lebih awal

Beberapa orang tua tidak memerhatikan jam tidur anak mereka, hingga anak-anak merasa lelah dan kemudian tidur dengan sendirinya. Hal iu merupakn kesalahan besar . Ketika anak merasa overtired (terlalu lelah), sebuah hormon stres yang disebut dengan cortisol diproduksi, dimana hormon ini membuat anak sulit untuk tidur sehingga membuat anak tidu lebih larut dan bangun pagi lebih awal. Anda bis amengantisipasinya dnegan mengjaka tidur 30 menit lebih awal, agar si anak tidak terlalu lelah bermain.

2. Konsistenkan Jam Tidur

Kekonsitenan merupakan hal yang krusial. Hal ini berarti waktu tidur harus memiliki waktu yang sama setipa harinya, baik pada saat hari biasa maupun saat akhir pekan, dan selama musim kemarau ini waktu siang terasa lebih lama.

Hal ini tidak bisa diacuhkan, jika anak Anda tidur terlalu larut, cobalah untuk mengajaknya tidur pada waktu yang sama. Sangat penting bagi anak Anda untuk tidur dalam eaktu yang konsisten, agar keseimbangan istirahat dan aktivitasnya dapat terjaga. Dengan ditetapkannya jadwal tidur, anak Anda tidak akan bisa terjaga melebihi jadwal tidur rutinnya.

3. Adakan kegiatan rutin sebelum tidur

Kegiatan-kegiatan bermanfaat sebelum tidur dapat dilakukan secara rutin, seperti mandi, menyikat gigi, membaca buku, minum susu hangat. Luangkan waktu untuk kegiatan tersebut sekitar 30 hingga 1 jam menjelang tidur.

Suatu saat ketika ia merasa lelah dan ingin tidur, ia akan melakukannya sendiri atau akan meminta Anda untuk menemaninya ke kamar mandi untuk menyikat gigi dan menuntun Anda untuk membacakan buku cerita menjelang tidur.

4. Tawarkan banyak pilihan pada jadwal tidur anak

Buat pertanyaan-pertanyaan simpel, dengan jawaban yang tidak terlalu ribet dan hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak.Seperti, "Kamu mau pakai piyama yang hijau atau biru?", atau, "mau baca cerita tentang beruang yang baik hati, atau cinderella?," atau, "mau minum susu coklat atau susu putih hari ini?".

5. Buat anak merasa aman

Ketika anak hendak tidur, tiba-tiba dia terbangun dan minta Anda untuk menemaninya tidur. Katakan pada anak Anda, "sayang, Ibu tidak bisa menemani kamu malam ini. Tapi, Tuhan menemani dan menjagamu setiap malam." dengan demikian anak akan merasa nyaman ketika tidur.


Sumber
MediaIndonesia.com


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates