-->

Selasa, 27 Juli 2010

Sembilan Makanan Super untuk Otak

PILIHAN makanan mempengaruhi performa otak anak. Makanan tertentu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan serta memperbaiki fungsi otak, memori dan konsentrasi.

Otak, menurut juru bicara American Dietetic Association ( ADA ) Bethany Thayer, MS, RD, adalah organ tubuh yang paling kelaparan. Otak merupakan organ tubuh yang pertama kali menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

"Jika hanya mengonsumsi junk food, otak tentunya akan menderita," terang Thayer, seperti dikutip situs webmd.com.

Berikut makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak anak kesayangan Anda:

Salmon. Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Kedua komponen ini, menurut pakar nutrisi dari Los Angeles Andrea Giancoli, MPH, sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang lebih banyak mengonsumsi asam lemak ini melalui diet mempunyai otak yang lebih tajam. Selain itu mereka juga mempunyai performa lebih baik dalam tes keahlian mental.

Telur. Telur dikenal kaya akan protein. Selain itu, kuning telur juga menagndung choline yang membantu perkembangan memori.

Selai kacang."Kacang dan selai kacang merupakan makanan yang kaya vitamin E, antioksidan kuat yang berfungsi melindungi membran saraf," terang Giancoli. Selain itu, lanjut dia, selai kacang juga mengandung thiamin yang berfungsi membantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa sebagai energi.

Whole grain. Otak memerlukan asupan glukosa yang konstan, dan whole grain bisa menjadi sumber yang baik. Kandungan serat di dalamnya, terang Giancoli, membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh."Whole grain juga kaya vitamin B, yang berfungsi menutrisi sistem saraf."

Oat/Oatmeal. Oat, terang Sarah Krieger, MPH, RD, LD/N, dari ADA, merupakan satu jenis sereal yang umum dikonsumsi dan sangat baik untuk otak."Oat menyediakan energi atau bahan bakar otak yang sangat diperlukan anak di pagi hari."

Oat kaya serat, vitamin E, vitamin B, kalium dan seng. Komponen ini membantu memaksimalkan fungsi tubuh dan otak.

Kacang polong. Menurut Krieger, kacang polong sangat spesial karena mengandung energi dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang polong juga kaya vitamin dan mineral."Makanan ini sangat bagus karena menjaga energi dan tingkat berpikir anak."

Sayuran berwarna. Menurut Thayer, sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam dan sayuran berwarna pekat lainnya merupakan sumber antioksidan terbaik. Antioksidan berfungsi menjaga sel-sel otak agar tetap kuat dan sehat.

Susu dan yogurt. Produk susu kaya protein dan vitamin B. Kedua komponen ini sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim-enzim."Susu dan yogurt menyediakan protein dan karbohidrat, sumber energi yang sangat baik untuk otak," terang Thayer.

Daging rendah lemak. Besi merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga agar anak tetap berenergi dan fokus di sekolah. Daging sapi rendah lemak merupakan salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan besi. Selain itu, daging sapi juga mengandung
seng yang membantu memori. (IK/OL-08)



Sumber
mediaIndonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates