-->

Senin, 26 Juli 2010

Bawang, Bahan Pengawet Alami


Di balik fungsinya sebagai bumbu dapur, bawang menyimpan manfaat untuk mengawetkan makanan secara alami. Beberapa komponen bawang memiliki sifat antioksidan dan antimikroba, sehingga memungkinkan untuk menggantikan sifat bahan pengawet kimia buatan.

"Antioksidan dan antimikroba bawang merah mentah baik untuk mengawetkan makanan," ujar peneliti Jonathan Santas dari Departemen Nutrisi dan Bromatologi di Universitas Barcelona.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Internasional Ilmu dan Teknologi Pangan ini menunjukkan bahwa flavonoid dalam bawang, selain memiliki sifat menguntungkan bagi kesehatan, juga dapat meningkatkan daya tahan makanan.

"Bawang adalah alternatif alami untuk zat aditif buatan dalam industri makanan," ia menerangkan seperti dikutip dari Times of India.

Berbagai varietas bawang merah dan bawang bombay menunjukkan hubungan antara antioksidan dan flavanoid. "Bawang efektif menunda oksidasi lipid dalam emulsi minyak dan air seperti pada margarin dan mayones. Bawang juga menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang mengubah makanan," kata Santas.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa flavonoid bawang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan karena mengandung antioksidan, antiinflamasi, melindungi jantung, vasodilatory dan antikanker. (pet)



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates