-->

Kamis, 22 Juli 2010

Olahraga Bikin Masa Tua Lebih Bahagia


Kesehatan merupakan harta berharga bagi kaum lansia. Karena itu menurunnya kemampuan fisik seharusnya bukan halangan bagi warga senior atau orang lanjut usia untuk hidup sehat. Dan hal itu bisa dicapai dengan terus melakukan aktivitas fisik.

Ada banyak alasan mengapa para lansia tidak mau atau malas memulai olahraga. Selain berkurangnya stamina, banyak lansia yang mengaku takut jatuh jika melakukan aktivitas fisik. "Seiring usia, ada banyak hal yang mengganggu keseimbangan tubuh. Bagi kebanyakan orang hal ini menakutkan sehingga banyak orang tua yang takut berolahraga," kata Amy Ashmore, juru bicara American Council on Exercise.

Alasan lain yang sering menjadi hambatan untuk melakukan olah tubuh adalah merasa tidak cocok dengan pakaian olahraga yang ada. "Mereka pikir olahraga harus menggunakan pakaian elastis berbahan lycra," kata Dr.William Hall, direktur Center for Healthy Aging, AS.

Berbagai penelitian telah menunjukkan tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. Bahkan pada orang tua, manfaat olahraga juga akan dirasakan.

Gaya hidup aktif terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, olah tubuh juga terbukti mampu mengatasi gangguan kesehatan yang sering diderita para lansia, seperti rematik, sendi kaku, atau diabetes.

Saat ini pun banyak pilihan jenis olahraga yang bisa disesuaikan dengan kemampuan fisik kaum lansia. Selain olahraga senam, para lansia juga bisa melakukan kegiatan jogging, berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Yang penting, terus aktif dan bugar.



Sumber
Kompas.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates