-->

Kamis, 08 Juli 2010

Penekan Rasa Lapar Tanpa Efek Samping


Sebuah substansi kimia yang diproduksi tubuh secara alami dan bisa menekan nafsu makan, ditemukan oleh peneliti dari Inggris. Substansi ini nantinya bisa dikembangkan menjadi obat diet yang bisa membantu orang menurunkan berat badan tanpa efek samping.

Menurut tim peneliti dari Universitas Manchester, Inggris, substansi atau zat ini akan menghentikan kita makan secara alami dan tidak kelaparan. Substansi yang dinamakan hemopressin ini ternyata juga dapat digunakan untuk menghentikan kecanduan alkohol dan narkoba.

Hemopressin bekerja dengan memengaruhi pusat 'pemberian' pada otak yang menyala ketika seseorang menikmati makanan ringan atau rokok. Pengujian menunjukkan bahwa hemopressin memblokir area otak, dan mengurangi hasrat makan.

Sebuah produk sintetis yang dinamakan Rimonabant, diciptakan enam tahun lalu. Produk tersebut dapat memengaruhi otak dan menekan rasa lapar. Tetapi, obat itu ditarik dari pasaran karena meningkatkan risiko depresi dan memicu hasrat bunuh diri.

Dr Garron Dodd, salah satu peneliti dari Universitas Manchester, memublikasikan penelitian tersebut di Journal of Neuroscience. Ia percaya bahwa hemopressin dapat menekan rasa lapar tanpa efek samping.

Dalam sebuah tes laboratorium, tikus yang diberikan hemopressin hanya mengonsumsi sedikit makanan. Namun, bahan kimia tersebut tidak berdampak terhadap perilaku tikus. Sekelompok tikus lain juga diberi bahan kimia sintetik untuk menekan rasa lapar, tapi terdapat efek samping seperti kumis lebih lebat dan suka mencakar.

"Meskipun temuan kami menunjukkan indikasi keamanan, tetapi tidak dapat segera diterapkan pada manusia. Temuan ini menawarkan wawasan baru dalam mengetahui bagaimana otak mengontrol nafsu makan serta cara baru yang digunakan untuk memanipulasi sirkuit otak. Hal ini nantinyas bisa membantu pengembangan pengobatan anti-obesitas," kata Dodd seperti dikutip dari Daily Mail. (adi)



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates