-->

Minggu, 17 April 2011

Kunyah 4 Camilan Bernutrisi

TAK semua camilan itu tak sehat, Anda pun tak mesti mengganti kudapan favorit dengan buah. Karena, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang menurut ahli gizi justru menyehatkan dan baik untuk tubuh. Makanan apa sajakah itu?

1. Keju cheddar
Selain sebagai sumber kalsium yang baik, keju cheddar merupakan sumber fosfor untuk gigi dan tulang yang kuat, bahkan mendukung pertumbuhan jaringan otak pada anak-anak. Kandungan sengnya baik untuk kulit, sistem kekebalan tubuh, dan kesuburan, Semantara itu, riboflavin dan vitamin B12 sebagai penyumbang energi dan vitamin A untuk kesehatan kulit dan mata. Mengunyah keju cheddar menetralkan asam di mulut dan meningkatkan produksi air liur yang membantu mencegah kerusakan gigi. Namun ingat, jangan memakannya berlebihan.

2. Selai kacang
Ini merupakan salah satu sumber terbaik lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan. Karena rendah lemak jenuh, selai kacang merupakan sumber protein dan serat yang baik untuk kesehatan usus. Folatnya dapat melindungi tubuh dari kanker usus dan penyakit jantung. Menurut para peneliti Harvard Medical School, mengemil selai kacang lima hari dalam seminggu dapat mengurangi resiko serangan jantung secara signifikan.

3. Popcorn
Catherine Collins, kepala ahli gizi di Rumah Sakit St George's di London, mengatakan, "Seporsi kecil popcorn setara dengan satu porsi beras merah setiap hari." Popcorn mengandung lebih banyak serat yang berasal dari biji bunga matahari sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serta, menyeimbangkan kadar gula darah sehingga Anda enggan mengemil yang manis-manis. Nikmati popcorn tapi batasi garam atau karamelnya. Namun, karena mengandung glycemic Index (GI) berkadar tinggi, mereka yang obesitas dan diabetes harus menghindari mengemil popcorn.

4. Cokelat hazelnut
Camilan ini mengandung lesitin, kedelai ekstrak yang tinggi protein, kalsium, dan zat besi yang melindungi tulang dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Cokelat jenis ini juga lebih rendah kalori daripada cokelat jenis lain. Sementara itu, antioksidan di kakao membantu menyeimbangkan tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah. Hazelnut adalah sumber vitamin E yang meningkatkan kekebalan dan vitamin B yang meningkatkan suasana hati. Kalium, kalsium, dan magnesiumnya membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat. Tetapi tetap, jangan berlebihan memakannya. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates