-->

Senin, 25 April 2011

PARA ilmuwan telah mengklaim bahwa anak-anak yang fasih mengirimkan pesan teks memiliki kemampuan menulis dan membaca lebih baik. Peneliti menemukan bahwa alih-alih menghancurkan bahasa, pesan teks justru membuat anak mampu mengenali sajak dan pola bicara.

Studi selama sepuluh tahun yang didanai oleh British Academy Inggris menguji pengaruh penggunaan pesan teks pada anak usia 8-12 tahun. Para peneliti menemukan anak-anak berumur lima tahun yang sudah menggunakan ponsel mampu memahami suku kata lebih baik.

Psikolog Dr Clare Wood, yang memimpin studi di Coventry University, mengatakan penggunaan singkatan yang biasa digunakan dalam pesan teks membantu perkembangan membaca anak-anak dan keterampilan menulis.

"Kami terkejut mengetahui bahwa penggunaan teks sebenarnya mendorong perkembangan kesadaran fonologi dan keterampilan membaca pada anak-anak," katanya seperti dikutip Daily Mail.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anak-anak tanpa sadar akan melatih ejaan mereka secara teratur dengan mengirimkan pesan teks. "Menulis teks juga merupakan bentuk latihan interaksi menggunakan bahasa sehingga memungkinkan anak membaca dan mengeja setiap hari," tambah Wood. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates