-->

Selasa, 05 April 2011

Trik Agar Betis Tak Sebesar Talas Bogor

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta, Betis yang padat bisa tampak seksi karena memberi kesan kokoh dan atletis, namun bisa juga merusak penampilan jika terlalu besar dan lebih mirip talas Bogor. Tidak mudah untuk mengecilkannya, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pada prinsipnya otot akan membesar jika sering digunakan, sehingga cara mengecilkannya adalah dengan mengurangi beban yang ditanggungnya. Untuk itu, latohan aerobik atau olahraga yang mengutamakan kebugaran dan ketahanan lebih dianjurkan dibandingkan latihan beban.

Namun sekali waktu, latihan beban juga dibutuhkan agar betis yang sudah mengecil tetap kelihatan padat dan berbentuk. Demikian juga ketika latihan mengecilkan betis tidak berhasil, latihan beban bisa dilakukan untuk membesarkan bagian lain di sekitarnya agar tampak lebih proporsional.

Beberapa cara untuk menghilangkan talas Bogor alias betis besar adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Superskinnyme, Selasa (5/4/2011).

1. Hindari beban berlebih di tumit
Saat berjalan, seimbangkan titik berat tubuh di seluruh telapak kaki. Titik berat yang terlalu bertumpu pada tumit akan membuat betis makin besar.

2. Perbanyak latihan kardiovaskuler
Olahraga ringan yang lebih mengutamakan ketahanan seperti joging dan berenang lebih efektif untuk mengecilkan otot betis. Hindari lari cepat (sprint) dan olahraga lain yang membutuhkan kekuatan dan kecepatan gerak kaki.

3. Lakukan latihan peregangan
Olahraga yang banyak melibatkan latihan peregangan seperti yoga dan pilates bisa mengurangi gumpalan otot betis. Salah satu gerakan yang dianjurkan adalah berdiri menghadap tembok, salah satu kaki diluruskan ke belakang sementara kaki lainnya ditekuk ke depan dan kedua tangan menempel di tembok. Lakukan gerakan mendorong tembok, tahan 15-30 menit, lakukan bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri.

4. Lakukan gerakan 'ankle circle'
Caranya duduk tegak di atas sebuah kursi, angkat salah satu kaki lalu putar ankle (pergelangan kaki) searah jarum jam sebanyak 6 kali. Ulangi dengan gerakan melawan arah jarum jam, lalu lakukan hal yang sama secara bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan.

5. Lakukan 'calf press'
Otot betis bisa di-press agar tampak lebih padat dengan alat yang dinamakan 'soleus press'. Cara menggunakannya adalah duduk tegak di papan yang tersedia, lalu letakkan bantalan penahan di atas paha. Setelah bebannya disesuaikan, naikkan bantalan penahan tersebut dengan cara mengangkat tumit.

6. Gunakan elliptical trainer
Alat yang digunakan untuk menghasilkan gerakan seperti berjalan ini paling bagus untuk melatih bagian quadriseps, yakni sekumpulan otot di atas lutut. Kadang-kadang jika olahraga lain gagal mengecilkan otot betis, bentuk yang tidak proporsional itu bisa disamarkan dengan memadatkan bagian quadriseps.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates