-->

Minggu, 17 April 2011

Makanan Penangkal Panas Terik Matahari

CUACA panas dan terik yang dirasakan, terutama oleh warga Ibu Kota, dalam beberapa hari terakhir tentunya membuat kulit tak hanya kusam, tapi juga kering. Kita pun telah melakukan berbagai upaya untuk menghindari kerusakan kulit akibat terpaan sinar matahari yang begitu terik seperti memakai pelembab dengan tabir surya.

Tapi apakah Anda tahu bahwa kita juga dapat melindungi kulit dari dalam? Para peneliti telah menemukan bahwa nutrisi tertentu bisa mempertahankan kulit Anda dari efek penuaan akibat sinar matahari. Berikut adalah lima makanan yang patut Anda konsumsi untuk kulit terlindungi dari efek buruk sinar matahari, seperti dikuti dari Shine.com:

1. Buah-buahan citrus seperti lemon, jeruk, tangelos, limau, dan jeruk bali, semuanya kaya vitamin C. Karena tubuh Anda tidak dapat menyimpan vitamin C, Anda perlu mendapatkan setiap beberapa kali sehari. Maka itu, rajinlah memesan jus jeruk dan melon atau tambahkan perasan jeruk nipis ke makanan.

Beberapa menit saja terpapar matahari bisa mengubah produksi kolagen, serat-serat protein yang menjaga elastisitas kulit. Kolagen yang rapuh bisa menyebabkan keriput. Vitamin C dari dalam tubuh akan membantu menjaga kolagen lebih kuat dan lebih mampu menahan proses penuaan dini.

2. Makanan antioksidan berwarna-warni seperti jeruk, ubi jalar, dan melon merupakan sumber penuh antioksidan. Makanlah lima porsi buah dan sayuran sehari. Antioksidan akan menangkal radikal bebas, molekul oksigen yang sangat reaktif yang dipicu sinar UV matahari, terutama sinar UVA. Radikal bebas bisa merusak kulit dan menyebabkan kekeringan hingga keriput.

3. Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), bahan aktif untuk kulit. Dosis sehat EGCG dalam teh hijau menghambat inflamasi kimia yang disebabkan matahari. EGCG juga membantu mencegah kanker kulit.

4. Sayuran hijau berwarna gelap baik bila dimakan segar, beku, mentah, dikukus, atau dijus. Semisal bayam, brokoli, lobak hijau, dan kale yang kaya vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk pergantian sel kulit, proses yang membuat pertumbuhan sel seimbang tidak terlalu cepat, tidak terlalu lambat. Dengan begitu, kulit tak akan mudah menjadi kering dan bersisik.

5. Makan ikan seperi salmon, tuna, sarden, atau tenggiri yang kaya dengan protein. Dengan begitu, Anda mendapatkan asam lemak omega-3. Omega-3 melawan peradangan dan benar-benar melindungi Anda terhadap sengatan matahari dan meningkatkan efek dari tabir surya Anda. Protein ini juga membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak oleh sinar matahari. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates