-->

Minggu, 31 Oktober 2010

Bagaimana Mengajar Bayi Bicara


Mengajak bayi berbicara bisa merangsangnya mengenal kata demi kata. Jadi, jika Anda ingin si kecil pandai bicara, ajarkan mulai sejak dini.

Meski si kecil seolah tak memahami apa yang kita bicarakan, namun kebanyakan bayi dan anak-anak belajar mengucapkan kata dan kalimat dari apa yang kita ucapkan. Anda perlu tahu bagaimana mengajar bayi berbicara.

Kapan bayi mulai bicara?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa bayi jarang berbicara sebelum usia dua tahun. Sebagian bayi akan mulai berbicara sebelum usia dua tahun, dan lainnya bahkan sudah mulai pandai mengungkapkan berbagai kata di bawah usia dua tahun.

Namun, dua tahun adalah usia rata-rata bayi mulai pandai bicara. Pada usia ini, mereka tidak akan berbicara dalam kalimat. Sebaliknya, mereka akan berbicara dalam kata-kata tunggal dalam banyak kasus.

Dengan kata lain, jika mereka mengatakan 'Ayah' atau 'Ibu', mereka tahu panggilan itu khusus ditujukan pada orang tuanya. Jika mereka berkata 'bye-bye' mereka umumnya tahu apa artinya.

Ajak bayi berbicara sesering mungkin

Anda tidak benar-benar harus 'bekerja' keras untuk mengajarkan bayi bicara. Hanya mengajaknya berbicara tentang berbagai hal sesering mungkin, bisa merangsangnya untuk mengenal berbagai kata. Akhirnya, mereka akan mulai mengucapkan kata-kata.

Anak-anak menyerap informasi yang cukup mudah dengan apa yang mereka lihat dan seseorang lakukan serta akan mencoba untuk meniru. Mereka juga akan lebih mudah mengulangi kata yang sering mereka dengar. Inilah sebabnya mengapa Anda harus berhati-hati mengeluarkan kata di depan anak. Selalu mengucapkan kata-kata yang baik, agar mereka bisa meniru dengan baik.

Tak hanya mengajaknya berbicara, memberikan perintah kepadanya untuk melakukan sesuatu juga bisa merangsang otaknya berpikir tentang apa yang harus dilakukan. Dengan isyarat tanpa kata-kata, bayi juga bisa memahami apa yang Anda maksud.

Misalnya, jika Anda memberitahu anak untuk duduk di meja, pastikan bahwa Anda menepuk meja atau kursi, dengan begitu saat Anda mengatakan kata itu, si kecil bisa belajar memahami.

Ketika si kecil tak juga bisa bicara

Sebagian anak lebih maju dari yang lain, dan beberapa yang sedikit lebih lambat daripada yang lain. Bersabarlah jika anak Anda tidak mencoba untuk berbicara pada saat ia berusia dua tahun.

Anda bisa mendiskusikan masalah itu dengan dokter untuk mengetahui apakah ada alasan medis terkait itu, atau ada alasan perkembangan lainnya. Dokter mungkin akan mengarahkan Anda kepada seorang ahli terapi bicara sebagai bantuan.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates