-->

Selasa, 19 Oktober 2010

5 Trik Tekan Risiko Kanker Payudara

SEIRING dengan pertambahan usia, risiko terkena kanker payudara pun semakin besar, terutama pada kaum hawa. Jangan langsung cemas, Anda bisa mengurangi risiko tersebut dengan cara mengubah beberapa hal simpel dalam gaya hidup Anda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tetap bergerak
Tak ada kata terlambat untuk berolahraga. Dengan menggerakkan tubuh, tingkat estrogen yang terhubung dengan kanker payudara pun berkurang. Cobalah untuk meluangkan waktu 45-60 menit untuk berolahraga setiap harinya. Bila tidak bisa, 30 menit selama 5 hari per minggu juga dapat membantu. Hasil sebuah studi yang telah dimuat dalam jurnal British Medical Journal menunjukkan bahwa perempuan yang telah mengalami menopause mendapatkan lebih banyak manfaat dari olahraga ketimbang perempuan lain.

2. Kurangi berat badan
Setelah mengalami menopause, perempuan yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko dua kali lipat lebih besar mengidap kanker payudara ketimbang perempuan berberat badan ideal. "Penambahan berat badan pada orang dewasa juga turut meningkatkan risiko terkena kanker payudara," kata Heather Spencer Feigelson, PhD, MPH, direktur epidemiologi pada ACS.

3. Mengasup vitamin D
Vitamin D ditengarai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kini, semakin banyak pula penelitian yang membuktikan kekuatan vitamin ini. Yang termutakhir, seperti dilaporkan oleh Komunitas Onkologi Klinis Amerika. Dikatakan, pasien kanker payudara yang kekurangan vitamin D sebanyak 94 persennya mengalami penyebaran kanker lebih cepat.

4. Kurangi alkohol
Ini tentunya merupakan alasan tambahan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Menurut data dari Institut kanker Nasional, perempuan yang meminum alkohol 1-2 gelas perharinya mengalami peningkatan risiko janis kanker payudara paling umum sebanyak 32 persen. Adapun mereka yang meminum lebih dari jumlah itu risikonya lebih besar yakni 51 persen.

5. Tingkatkan kewaspadaan
Fakta terbaru mengenai kanker payudara, ketimbang menjalani pemeriksaan rutin di rumah sakit, lebih baik kita melakukan pemeriksaaan payudara sendiri. Menurut hasil sebuah penelitian, sebesar 15 persen kasus kanker payudara terdeteksi oleh di pasien sendiri. Maka itu, ada baiknya bila kita secara rutin memeriksa sendiri payudara. Dan bila merasa ada yang tidak beres, segeralah kunjungi dokter guna pemeriksaan lebih lanjut. (Pri/OL-06)




Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates