-->

Selasa, 19 Oktober 2010

Kenali Gula dalam Produk Makanan

MESKI dalam daftar bahan-bahan sebuah produk tidak dicantumkan kandungan gula, bukan berarti produk tersebut benar-benar bebas dari gula. Maka itu, kita mesti lebih mengenali jenis-jenis atau nama lain gula dan bagaimana cara mengenali dan menghindarinya.

Berikut beberapa nama-nama gula dan zat pemanis buatan yang biasanya tercantum di label beberapa produk, di antaranya:

- Amazake
- Carob powder
- Sirup jagung (corn syrup)
- Evaporasi jus tebu (cane juice)
- Fruktosa
- Jus buah (fruit juice concentrate)
- Madu
- Maltosa

Bagaimana cara menghindari zat pemanis tersebut? Berikut tipsnya:

1. Belilah produk teh celup ketimbang soda. Teh celup tanpa pemanis kaya akan antioksidan yang membantu melindungi arteri dan mencegah diabetes.

2. Beli yoghurt yang tanpa lemak, tanpa pemanis, dengan rasa tawar (plain) lalu bikin sajian kerasi Anda sendiri dengan yoghurt tawar tersebut. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari lemak jenuh dan pemanis tambahan. Tambah pula buah beri kaya serat sebagai pemanis, granola rendah lemak, sereal, atau biji rami.

3. Beli buah beri dalam jumlah yang mungkin Anda makan dalam seminggu. Fruktosa dalam buah ini lebih manis ketimbang sukrosa pada gula pasir. Selain itu, beri juga tak membahayakan kadar gula darah. Apalagi, tak seperti permen, buah beri sangat kaya akan serat. (Pri/OL-06)



Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates