-->

Jumat, 22 Oktober 2010

Lima Tanda Anak Alami Kekerasan

Anak yang mengalami kekerasan baik di sekolah atau di tempat lain cenderung diam saja. Mereka biasanya takut dan malu untuk mengungkapkannya pada ayah atau ibunya. Sebagai orangtua Anda sebenarnya bisa mengetahuinya dengan melihat perubahan sikapnya.

Ketahui lima tanda umum ketika seorang anak mengalami kekerasan. Jika tanda-tanda ini terlihat, jangan langsung memaksa anak untuk menceritakannya pada Anda. Cari tahu solusinya di bawah ini agar Anda bisa segera mengambil tindakan.

1. Malas sekolah

Jika tiba-tiba buah hati tidak semangat bercerita tentang kegiatannya di sekolah bisa jadi tanda kalau dia mengalami kekerasan. Ia juga cenderung sensitif saat Anda menanyakannya. Dalam kondisi demikian jangan memperburuk suasana dengan memaksanya. Cobalah lebih sabar atau cari informasi dari teman-temannya.

2. Sulit tidur dan tidak nafsu makan

Banyak korban kekerasan baik fisik maupun psikologis kehilangan nafsu makan dan sulit tidur. Perhatikanlah kebiasaan tidur dan makannya. Jika semakin tidak teratur segera cari cara untuk membuatnya lebih tenang. Karena jika dibiarkan akan berdampak buruk pada kondisi kesehatannya.

3. Luka

Anak-anak memang sering bermain dan terjatuh hingga luka. Jika Anda melihat ada luka di tubuhnya dan ia tidak bisa menjelaskan secara detail penyebabnya, bisa jadi ia mengalami kekerasan.

4. Barang yang rusak atau hilang

Perhatikan barang-barangnya yang suka dibawa ke sekolah. Tas atau baju yang rusak mungkin saja menandakan ia melawan saat mengalami kekerasan. Lalu, jika banyak barang-barangnya yang hilang kemungkinan diambil oleh orang yang menyakitinya.

5. Sering merasa sakit dan meminta istirahat di rumah

Anak yang menjadi korban kekerasan juga sering beralasan sakit dan ingin istirahat di rumah. Hal ini karena ia trauma ke sekolah. Jika anak memang tidak sakit dan ia menjadikannya alasan, sebaiknya bicarakan pada gurunya dan cari informasi.


Sumber
VIVAnews


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates