-->

Minggu, 24 Oktober 2010

Empat Perusak Gigi

Kerusakan gigi tak hanya dipicu kebiasaan malas menyikat gigi. Ada sejumlah kebiasaan yang mungkin tak Anda sangka bisa memicu permasalahan gigi.

Berikut empat pemicu kerusakan gigi yang tidak diketahui banyak orang, seperti dikutip dari Shine.

1. Minuman asam

Penelitian terbaru Universitas Birmingham menemukan, konsumsi minuman suplemen olahraga memicu erosi gigi serius dan infeksi. Peneliti menguji dua minuman yang tidak disebutkan namanya dan menemukan kandungan yang dapat meluruhkan email gigi.

Kondisi itu kemungkinan akibat tingkat keasaman yang bertentangan keseimbangan PH normal mulut. Soda dengan bahan kimia seperti asam aspartam juga dapat membuat bagian gigi mengalami aus. Bahkan, jus yang sangat asam juga dapat menyebabkan infeksi dan erosi dari waktu ke waktu.

2. Olesan Lipstik

Menurut penelitian tim dari Universitas Sao Paulo, Brazil, lipstik yang mengandung parafin dapat mengikis enamel gigi. Saat enamel terkikis, gigi menjadi berpori dan menciptakan tempat tumbuhnya bakteri. Efeknya adalah kerusakan gigi, infeksi dan patah. Sebaiknya, pilih lipstik yang tidak mengandung parafin.

3. Karbohidrat

Produk camilan berkarbohidrat tinggi juga tidak baik untuk gigi. Setelah dipecah menjadi gula sederhana efeknya sama dengan gula yang menempel pada gigi. Gula menyebabkan bakteri dan plak yang menyebabkan penyakit gusi dan rongga gigi.

4. Terlalu sering menyikat gigi

Menurut American Dental Association, terlalu sering menyikat gigi bisa membuat abrasi pada gigi. Akibatkanya gigi menjadi lebih sensitif dan mudah merasa ngilu. Untuk menghindarinya, pilih sikat gigi yang yang berbulu lembut dan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.


Sumber
VIVAnews


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates