-->

Minggu, 10 Oktober 2010

Kenali Ciri-ciri Tiga Penyakit Anak


ANDA merasa bingung apa penyebab dan bagaimana segera mengatasi gejala penyakit pada anak? Berikut beberapa gejala umum yang biasanya dialami anak bersama dengan cara untuk mengatasinya.

1. Masuk angin
Anak Anda mungkin masuk angin bila menunjukkan gejala seperti hidung meler, bersin, sakit tenggorok, dan batuk. Gejala-gejala itu biasanya akan muncul bertahap dan berlangsung tak lebih dari dua minggu. Bila tidak disertai dengan demam, berarti penyakit tergolong ringan. Gejala lain yang mungkin menyertai yakni sakit kepala.

Yang mesti dilakukan: Pastikan kebutuhan cairan dan istirahat anak terpenuhi. Bila dalam beberapa minggu terakhir, anak masih menunjukkan gejala sakit kepala, demam ringan, serta nyeri pada wajah, itu mungkin mengarah ke sinusitis yang memerlukan pengobatan antibiotik.

2. Flu
Anak Anda mungkin terjangkit flu bila terlihat lesu dan emosional. "Mereka berperilaku seperti itu karena mereka hanya merasa tak berdaya," kata Carol Steltenkamp, profesor pediatri di Universitas Kentucky. Gejala flu biasanya terjadi cukup cepat yang berupa meriang, kelelahan, nyeri otot, demam.

Yang mesti dilakukan: Untuk mengatasi rasa nyeri atau sakit, coba beri anak asetaminofen atau ibuprofen yang dianggap aman untuk anak-anak usia 6 bulan ke atas. Bila Anda baru membawa anak ke dokter 48 jam setelah gejala flu muncul, biasanya dokter akan meresepkan obat antivirus. Apabila gejalanya tak mereda setelah 10 hari, hingga suhu tubuh anak terus meningkat, sulit bernapas, atau enggan minum cairan, jangan tunda lagi segera hubungi dokter untuk mencegah kemungkinan yang lebih buruk seperti pneumonia.

3. Alergi
Anak Anda mungkin mengalami alergi bila ia merasakan gatal pada mata, hidung atau keduanya serta hidung tersumbat dan bersin, tapi tidak disertai demam. Apabila pilek, anak biasanya akan sembuh selama 14 hari, tapi alergi bisa bertahan tanpa batas waktu, terutama jika anak sensitif terhadap alergen di dalam ruangan seperti tungau, debu, dan jamur.

Yang mesti dilakukan: Obat antihistamin oral, seperti Benadryl dan Claritin mampu meredakan gejala alergi. Namun, ada baiknya untuk mengunjungi dokter terlebih dahulu guna mengetahui jenis alergi anak dan untuk mendapatkan semprotan hidung intranasal steroid, seperti Flonase yang mempu mencegah gejala alergi. Selain itu, selalu gunakan dan ganti dengan rutin sarung bantal, guling,dan sprei supaya anak terlindungi dari debu. Cuci juga selimut serta boneka agar anak terhindar dari tungau. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates