-->

Minggu, 24 Oktober 2010

Enam Cara Menghemat Air

Selama ini Anda mungkin tidak kesulitan untuk mendapat air bersih. Walapun begitu jika Anda tidak menghemat air dan menjaganya, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun mendatang air bersih bisa jadi kebutuhan yang langka.

Itulah sebabnya Anda harus memulai kebiasaan menghemat air. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan air mulai dari sekarang, berikut enam caranya.

1. Hindari botol plastik

Air mineral yang dikemas dalam botol plastik sekali pakai sangat tidak efisien. Kemasan botol plastik sangat sulit mengurai dalam tanah, untuk mengurai pun membutuhkan waktu lama. Racun dalam botol plastik juga bisa mengontaminasi tanah dan sumber-sumber air. Sebaiknya gunakan botol kemasan yang bisa digunakan berkali-kali dan diisi ulang.

2. Gunakan filter air

Jika Anda peduli dengan kualitas air, untuk mendapatkan air minum gunakanlah alat filter air. Lebih hemat karena Anda tidak perlu membeli air setiap waktu dan tidak memerlukan plastik galon. Mudah, murah dan bebas sampah.

3. Dekatkan shower

Tempatkan shower lebih dekat dengan kepala. Ini akan membuat Anda berbilas lebih cepat, sehingga mandi bisa dilakukan dalam lima menit maksimal 10 menit.

4. Ganti flush toilet

Banyak toilet yang boros air. Jika toilet Anda demikian segera ganti dengan tombol flush baru yang lebih hemat air.

5. Kurangi rumput

Jangan terlalu banyak menanam rumput. Untuk memeliharanya membutuhkan banyak air. Pilih saja tanaman yang tidak terlalu banyak air untuk memeliharanya. Anda bisa menanyakannya pada penjual tanaman.

6. Jangan biarkan kran bocor

Segera perbaiki atau ganti jika ada kran yang bocor. Membiarkannya hanya akan membuat air terbuang percuma. Belum lagi pompa yang bisa terus-menerus menyala. Bukan hanya menghemat air tetapi juga listrik.


Sumber
VIVAnews


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates