-->

Rabu, 27 Oktober 2010

Minyak Ikan Sehatkan Gusi

Minyak ikan tak hanya bermanfaat mencerdaskan otak, tetapi juga meningkatkan kesehatan mulut. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa minyak ikan memiliki sifat antiperadangan untuk mengatasi peradangan gigi dan mengembalikan kesehatan gusi.

Seperti dikutip dari Times of India, minyak ikan memiliki sifat antiperadangan yang efektif mencegah periodontitis, di mana jaringan gusi memisahkan diri dari gigi.

Minyak ikan mengandung eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Di dunia medis, kandungan ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan serius.

Penelitian melibatkan lebih 9.000 orang dewasa yang menjalani pemeriksaan gigi. Penelitian dilakukan tanpa mengesampingkan data demografis, etnis, pendidikan, dan sosial ekonomi, dan faktor lain yang berpotensi mengaburkan hasil penelitian. Prevalensi periodontitis dalam sampel penelitian adalah 8,2 persen.

Hasilnya, ada pengurangan sekitar 20 persen prevalensi periodontitis pada mereka yang mengkonsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh ganda seperti salmon, selai kacang, margarin, dan kacang-kacangan. Studi ini diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association.

"Terapi ini mungkin bisa menjadi metode yang lebih murah dan aman untuk pencegahan dan pengobatan periodontitis," kata Asghar Z Naqvi dari Departemen Kedokteran, Beth Israel Deaconess Medical Center. (pet)


Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates