-->

Rabu, 27 Oktober 2010

Mempertimbangkan Godaan Alih Profesi

Di tengah frustasi atas sebuah pekerjaan, seseorang mungkin akan berpikir untuk mengubah jalur karier. Tapi, benarkah itu menjadi pilihan tepat untuk mengatasi karier yang mandeg atau sekedar keluar dari rasa jenuh?

Sebelum memutuskan mengubah jalan karier atau alih profesi, sebaiknya lakukan analisis sederhana mengenai kehidupan profesional Anda.

Sebab, orang yang sukses biasanya adalah orang yang mengerjakan sesuatu sesuai minat dan kemampuannya. Banyak orang yang terjerumus pada kegagalan karena terlalu memaksakan diri.

Berikut tips untuk menganalisis kehidupan profesional Anda:

1. Buat daftar minat

Dari begitu banyak tugas yang diberikan perusahaan, pilah mana yang Anda suka dan mana yang tidak.

2. Cari tahu minat terbesar

Normalnya, seorang karyawan bekerja delapan jam per hari. Terlepas dari pekerjaan, cari tahu aktivitas di luar pekerjaan yang mampu menarik minat dan membuat Anda tak malas melakukannya.



3. Tentukan tipe rekan kerja terbaik

Anda tentu tidak bekerja sendiri di kantor. Buatlah daftar tentang orang-orang seperti apa yang menurut Anda cocok untuk bekerja sama dengan Anda, dan mana yang tidak. Jelaskan alasannya secara rinci, baik dari segi karakter, latar belakang pendidikan, perilaku, dan sebagainya.

4. Buat daftar rincian pekerjaan idaman

Daftar ini akan menjadi track atau rel panduan, sehingga Anda berada di jalur karir yang memang sesuai dengan minat Anda. Tapi tentu, Anda juga harus menyesuaikannya dengan background pendidikan. Meskipun, banyak juga orang yang sukses di luar bidang disiplin ilmu yang dimilikinya. (pet)



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates