-->

Minggu, 10 Oktober 2010

Curi Waktu Kantor agar Semakin Bugar


SEMAKIN hari, tampaknya semakin banyak perusahaan yang menyadari bahwa olahraga untuk para karyawan sangat bermanfaat bagi peningkatan performa kerja dan produktivitas serta menghindarkan mereka dari kelelahan dan stres.

Meski sudah ada perusahaan yang menyediakan tempat berolahraga, masih banyak juga karyawan yang tampak enggan dan malas melakukan olahraga. Padahal rutin berolahraga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang ditimbulkan akibat berbagai gaya hidup tak sehat di kantor seperti stroke, diabetes, dan kanker.

Bila Anda merasa malas untuk berlatih di gym, berikut beberapa cara mudah, menyehatkan, sekaligus menyenangkan yang dapat Anda lakukan di sela-sela kesibukan kantor.

1. Cukup minum
Air membantu membuat tubuh Anda fit yang akan memengaruhi performa kerja Anda. Taruhlah sebotolair minaral di atas meja sehingga Anda mudah memenuhi peryaratan meminum sedikitnya delapan gelas per hari. Salin dapat meredakan stres, energi Anda pun akan bertahan selam seharian. Bila bosan, Anda dapat menggantinya dengan air kelapa.

2. Jalan-jalan
Buatlah alasan sehingga Anda dapat berjalan-jalan santai selama beberapa saat di kantor, setidaknya setiap 40 menit. Bangun dari kursi dan berkeliling sejenak mampu membuat Anda tetap fokus, tidak cepat lelah, dan merasa lebih baik setelahnya. Untuk itu, upayakan untuk tidak memesan makanan atau minuman untuk diantarkan ke meja Anda. Pergilah unutk mencari makan atau memesan kopi sendiri. Atau, saat menerima telepon, bangun dari kursi dan berkeliling hingga pembicaraan rampung.

3. Pergi ke gym di waktu makan siang
Cobalah untuk melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit selama jam makan siang dan nikmati makan siang Anda di meja kerja. Olahraga ringan seperti di treadmill di sela jam kerja dapat meningkatkan semangat kerja Anda.

4. Lakukan peregangan ringan
Para karyawan tentunya kerap mengalami stres yang dapat menyebabkan muka menjadi masam, nyeri punggung dan leher serta penambahan berat badan. Untuk menghindarkan hal itu, cobalah perengangan ringan. Misalnya, saat duduk di bangku, lenturkan kaki Anda dengan memutarkan pergelangan kaki. regangkan pula kaki dan tangan Anda sesering mungkin.

5. Gunakan tangga
Bila memungkinkan,gunakan tangga ketimbang lift untuk berpindah lantai. naik tangga akan membuat Anda fit dan energik.

6. Suplai camilan sehat
Ketimbang menyimpan keripik dan soda, cobalah jadikan buah dan sayur sebagai camilan sehingga tungkat Energi Anda akan stabil.

7. Berpartisipasi di kegiatan olahraga
Cobalah bergabung dengan kegiatan olahraga di kantor seperti tenis meja, olahraga, futsal, atau tenis. Kegiatan bersama rekan kerja ini tentunya merupakan cara yang menarik untuk menjaga kebugaran tubuh di luar pekerjaan. Selain itu, postur tubuh Anda pun akan terjaga. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates