-->

Kamis, 07 Oktober 2010

Cara Menakar Porsi Menu Lewat Tangan


Mengonsumsi makanan terlalu berlebihan bisa menyebabkan obesitas yang bisa memicu timbulnya penyakit mematikan seperti jantung, diabetes, demensia, stroke dan kanker.

Untuk itu, segera kontrol porsi menu dalam piring Anda. Jika porsi Anda terlihat berukuran super, lakukan pengukuran porsi makanan hanya dengan telapak tangan Anda.

Seperti dikutip dari laman Shine, berikut panduan berguna untuk mengontrol porsi makanan yang tepat dengan tangan Anda:

Takaran porsi untuk protein

Protein merupakan bahan bakar energi untuk membantu membangun otot yang kuat. Gunakan area dan ketebalan telapak tangan untuk menakar porsi daging ayam, ikan atau tahu.

Takaran porsi sayuran

Mengonsumsi protein tak lengkap rasanya jika tak ditemani sayuran. Pilih dua jenis sayuran segar, dan masing-masing takar dengan kepalan tangan Anda untuk mendapatkan satu ton nutrisi dan antioksidan.

Takaran porsi salad

Gunakan kedua tangan Anda seperti sendok untuk mengangkat sebagian besar sayuran berdaun. Dan untuk menakar satu sendok saus, gunakan panjang ibu jari Anda sebagai panduan.

Takaran porsi buah

Bila Anda mencari tahu berapa banyak buah berry yang harus Anda tumpuk di atas yoghurt di pagi hari, takar jumlah buah segar dengan tangan kanan.

Takaran minyak

Hal ini harus benar-benar diwaspadai. Mengonsumsi minyak berlebih bisa membahayakan kesehatan. Untuk mentega dan minyak, gunakan ibu jari Anda sebagai ukuran. (adi)



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates