-->

Kamis, 14 Oktober 2010


Siapa sangka kalau terlalu banyak terpapar cahaya lampu pada malam hari bisa membuat bobot tubuh meningkat. Cahaya lampu menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari Ohio State University, berdampak buruk pada proses metabolisme tubuh.

Para peneliti menemukan bahwa tikus yang terkena cahaya redup di malam hari selama delapan minggu memiliki berat sekitar 50 persen lebih besar dibandingkan tikus lainnya yang berada dalam gelap. Pengaruhnya terletak pada sistem metabolisme yang melambat.

"Meskipun tidak ada perbedaan dalam level aktivitas konsumsi makanan, tikus yang tinggal di ruangan bercahaya terang lebih gemuk. Cahaya di malam hari membuat tikus ingin makan atau merasa lapar pada waktu yang salah untuk membenahi sistem metabolisme mereka," kata Laura Foken, kepala peneliti, seperti dikutip dari www.nytimes.com

Menurut Laura jika hal ini juga terjadi pada manusia, bisa jadi pentunjuk untuk mengetahui pemicu obesitas di negara-negara barat. Cahaya pada malam hari diperkirakan menjadi salah satu pemicu obesitas yang tidak diketahui banyak orang.

Pemicu lainnya terkait cahaya bisa jadi tidur dengan keadaan televisi atau komputer tetap menyala. Akan lebih baik jika Anda tidur dalam gelap, matikan alat elektronik di dalam kamar termasuk ponsel Anda.

Hal ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak tanpa gangguan. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas memang bisa memengaruhi proses metabolisme dalam tubuh yang berdampak pada meningkatnya berat badan.


Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates