-->

Minggu, 03 Oktober 2010


SEBUAH komik anak telah diterbitkan guna membantu orang tua menjelaskan kepada anak mengenai suatu penyakit. Komik berjudul What's up with Bridget's Mum? merupakan karya tim yang terdiri dari para dokter dan bertujuan menyederhanakan pemahaman suatu penyakit agar dapat dimengerti anak-anak secara sederhana.

Karen Penney dari London didiagnosis menderita kanker payudara awal tahun ini. Selain harus menghadapinya dan membuat diri sendiri tegar, ia pun harus memberitahukan hal itu kepada anak-anaknya. "Aku mengira ibu akan meninggal," kata Rohan, putra Penney yang baru berusia 8 tahun. "Tapi, ibu mengatakan seseorang hanya kan meninggal bila kankernya ganas dan yang ia punya tidak," ucapnya polos.

Penney berujar, "Memang sulit untuk menjelaskan kepada anak mengenai hal ini karena kita sendiri tentunya merasa khawatir dan takut. Bila merasa tak puas,anak akan terus bertanya, bhkan semakin detail seperti, 'Kanker itu apa?' atau 'Kenapa ibu dioperasi, kenapa ikut kemoterapi?' dan kita pun kerap merasa bingung menjelaskannya." Itulah yang membuat para dokter termoptivasi membuat komik Medikidz ini.

Melalui komik, anak akan diberi tahu mengenai suatu penyakit dengan cara sederhana bahkan menggunakan gambar-gambar yang lucu. Penney pun membacakan buku itu kepada anak-anaknya dan mengakui mereka akhirnya memahami penyakit yang diderita sang ibunda.

Dokter Russ Hargreaves dari Macmillan Cancer Information mengatakan bahwa ide berbicara pada anak sesuai dengan pemahanan mereka. Selain itu, kita juga perlu cara memberi tahu agar mereka tak takut atau panik akan kehilangan orang yang dikasihi." (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates