-->

Minggu, 03 Oktober 2010

Penuhi Asupan Seng dengan Daging Sapi


ANDA pasti sudah sering mendengar kalau kerang-kerangan kaya akan zat seng, mineral yang sangat penting dalam menjaga berbagai fungsi tubuh. Mineral satu ini berfungsi penting mulai dari pembentukan otot hingga respon sistem kekebalan tubuh. Tapi, tahukah Anda kalau daging sapi bisa mencukupi asupan seng harian Anda?

Seng bisa ditemukan pada berbagai makanan termasuk ayam, kacang-kacangan, dan kacang polong. Meskipun bisa ditemukan pada berbagai kanan, menurut perkiraan badan kesehatan dunia WHO, sekitar 1/3 dari populasi global di seluruh dunia mengalami kekurangan zat besi. Para akar kesehatan juga memperkirakan kalau hampir semua orang hanya mendapatkan setengah dari asupan seng yang dianjurkan (15 miligram sehari).

Mengapa seng begitu penting? Studi-studi dari Wayne State University, Michigan, menunjukkan, mineral ini sangat penting dalam menjaga pertumbuhan normal dan dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Selain itu, seng juga berperan dalam reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan sel-sel.

Menurut penulis The New Optimum Nutrition Bible Patrick Holford, seng sangat penting dalam pembentukan tulang. Karena itu, ibu hamil dan anak-anak diharapkan mendapatkan asupan yang cukup. Kekurangan seng pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, terang Holford, tidak hanya akan mengganggu pertumbuhan, tetapi juga memicu lemahnya sistem imun, buruknya pertumbuhan otak dan memicu kulit yang tidak sehat.

Seng, lanjut Holford, berperan sebagai antioksidan, mencegah keruskan membran sel dan jaringan lainnya. Seng ini, lanjut dia lagi, mampu memperbaiki DNA, molekul-molekul yang menentukan kode genetik manusia. Dengan cara ini, maka seng berperan dalam memperlambat proses penuaan.

Darimana sumbernya? Anda bisa mendapatkan dosis harian seng sesuai anjuran dari kerang, atau dari 200 gram daging sapi. 250 gram daging ayam mengandung sekitar 7.5 miligram seng, dan 100 gram almond dan kacang-kacangan mengandung 2 miligram seng."Makanan laut dan daging merupakan sumber yang paling kaya seng, jadi vegetarian paling berisiko mengalami defisiensi," tutur Holford, seperti dikutip situs dailymail.


Selain itu, menurut Holford, Anda bisa meningkatkan asupan seng dengan cara mengurangi asupan alkohol, rokok dan stres. Di samping itu, para vegetarian sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi sereal. Sereal mengandung zat kimia phytates yang bisa menghambat penyerapan seng. Vegetarian, disarankan untuk menambah asupan kacang-kacangan, biji-bijian dan whole grain. Ketiga makanan dari tumbuhan ini kaya akan seng. Selain itu, perhatikan juga asupan suplemen besi Anda. Suplemen besi, menurut Holford, juga bisa menghambat penyerapan seng.



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates