-->

Rabu, 08 Desember 2010

Benarkah Obat Alergi Bikin Gemuk


Penderita alergi tentu tidak bisa lepas dari obat alergi, seperti antihistamin. Efek dari mengonsumsi obat alergi yang langsung terlihat adalah rasa kantuk. Tetapi selain itu, ada banyak efeknya dan intensitas efek samping obat alergi berbeda dari pada tiap orang.

Dengan berkonsultasi dengan dokter, sebenarnya Anda dapat mengurangi efek samping obat alergi jika memang harus mengonsumsinya. Javed Sheikh, MD, Direktur Klinik Alergi di Beth Israel Deaconess dan dosen Harvard Medical School, menguraikan beberapa efek samping dari obat alergi yang harus Anda tahu dan segera konsultasikan ke dokter jika mengalaminya.

1. Meningkatkan nafsu makan

Meskipun mungkin ada banyak alasan mengapa Anda tidak bisa mengontrol nafsu makan, konsumsi obat dengan antihistamin memang dapat merangsang nafsu makan Anda. Jika anda mengkonsumsi obat-obat ini secara teratur atau untuk jangka panjang, Anda juga sangat mungkin mengalami peningkatan berat badan.

2. Hasrat seksual menurun

"Setiap obat alergi memiliki efek depresi yang bisa menurunkan hasrat seksual," kata Javed Sheikh, seperti dikutip dari Huffingtonpost.com. Jika hasrat seksual menurun setelah Anda mengonsumsi obat alergi segeralah berkonsultasi dengan dokter, jangan biarkan terlalu lama.

3. Indera penciuman berubah

Jika Anda menyadari bahwa makanan favorit seenak biasanya, masalahnya mungkin bukan karena kehilangan selera. Pengawet dan wewangian yang ditambahkan pada nasal spray yang diresepkan, terkadang dapat mengubah rasa dan aroma. Anda mungkin tidak sensitif atau mungkin justru sebaliknya, yaitu mencium aroma makanan yang lebih tajam dari biasanya.

4. Ketidaksuburan pada wanita

Meskipun tidak ada penelitian yang mengonfirmasi hubungan antar konsumsi obat alergi dan ketidaksuburan, beberapa spesialis kesuburan percaya bahwa pengeringan selaput lendir yang disebabkan oleh alergi obat, bisa menyebabkan kemandulan pada wanita. Sampai ada bukti yang meyakinkan, konsultasikan dengan dokter jika Anda memang berencana hamil dan pernah mengonsumsi obat alergi dalam waktu lama.

5. Kecemasan

Jika Anda sering merasa lelah, sulit tidur atau mudah cemas setelah mengonsumsi obat alergi, pseudoephedrine mungkin jadi penyebabnya. Obat ini memiliki efek yang sama dengan konsumsi kopi berlebihan. Sifat stimulan pada obat ini memberikan efek pada beberapa orang seperti jantung berdebar-debar, insomnia dan kecemasan.


Sumber
VIVAnews


Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates