-->

Rabu, 08 Desember 2010

Berjemur Agar Panjang Umur


Anda ingin panjang umur? Berjemurlah secara teratur. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hakan Olsson pada 40.000 wanita, seseorang yang suka berjemur memiliki umur lebih panjang.

Hakan, yang bekerja di unit onkologi Lund University di Swedia, mengungkapkan penelitiannya menunjukkan banyak sekali efek positif dari berjemur bagi kesehatan. Bahkan menurutnya, keuntungan berjemur jauh dari bahaya kanker kulit.

Dari penelitian diketahui vitamin D yang diproduksi saat berjemur akan memberikan perlindungan vital untuk menangkal pembekuan darah, diabetes dan tumor. Olsson mengkritik peringatan bahwa paparan sinar matahari berada di balik peningkatan kasus kanker kulit.

Ia percaya bahwa manfaat positif dari matahari jauh lebih besar daripada dampak negatifnya. Ada bukti yang menunjukkan kalau paparan sinar matahari bisa melindungi pembekuan darah terutama di bagian kaki.

Pembekuan ini trombosis vena yang cenderung lebih sering terjadi pada musim dingin dibandingkan musim panas. Olsson mengutip penelitian lain yang menunjukkan bahwa lebih banyak pasien yang terdiagnosis diabetes pada musim dingin, fenomena ini disebabkan karena kekurangan vitamin D. Untuk penelitiannya, ia memeriksa kebiasaan berjemur dan timbulnya penyakit seperti penyakit jantung, diabetes atau melanoma maligna.

"Penelitian kami menunjukan wanita yang aktif berjemur, hidup lebih lama. Aku dan banyak orang percaya kanker kulit disebabkan oleh banyak faktor dan terbakarnya kulit tidak cukup menjelaskannya," kata Hakan, seperti dikutip dari Times of India.

Agar mendapatkan sinar menyehatkan dari matahari, lakukan aktivitas berjemur di pagi hari dari pukul 6-9 pagi dan sore hari, pukul 4-6 sore.



Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates