-->

Rabu, 29 Desember 2010

Sehat dengan Main Bola

Pertandingan sepakbola Piala AFF 2010 ini dapat menjadi momentum tepat untuk memulai gaya hidup sehat. Salah satunya dengan bermain sepakbola bersama teman-teman di lingkungan rumah atau di kantor.

Bermain sepakbola efeknya dapat meningkatkan kebugaran tubuh, mengurangi tingkat stres, sekaligus membantu Anda tetap aktif. Bahkan, manfaatnya lebih baik dibandingkan olahraga berjalan kaki.

Manfaat ini dibuktikan melalui proyek penelitian yang melibatkan lebih dari 50 peneliti dari tujuh negara. Para peneliti mempelajari aspek-aspek fisiologis, psikologis, dan sosiologis dalam permainan sepakbola, dikutip dari Health Bulletin.

Penelitian yang dipimpin Profesor Peter Krustrup dan Jens Bangsbo dari Department of Exercise and Sports Sciences, University of Copenhagen menghabiskan waktu tiga tahun. Riset ini melibatkan pria, wanita, dan anak-anak berusia 9 sampai 77 tahun. Responden kemudian diteliti berdasarkan pembagian, yakni kelompok bermain sepakbola, berjalan dan kelompok yang melakukan kontrol terhadap sesuatu.

Hasilnya, sepakbola menyediakan efek kesehatan dan kebugaran yang lebih baik daripada hanya melakukan olahraga lari.

Peter Krustrup menyimpulkan, "Sepakbola adalah olahraga tim yang sangat populer. Olahraga ini menganut faktor-faktor motivasi dan sosial positif yang dapat memfasilitasi kepatuhan dan memberikan kontribusi pada pemeliharaan gaya hidup aktif secara fisik.”

Krustrup menambahkan, dengan bermain kulit bundar selama 2-3 jam setiap minggu akan membuat badan menjadi segar bugar. "Bermain sepakbola sangat efektif meningkatkan kinerja organ tubuh secara normal sehingga, termasuk pengurangan risiko penyakit kardiovaskuler, jatuh dan patah tulang."

Olahraga ini pun berlaku universal. Pria, wanita, anak, tua dan muda bisa memainkannya dan bisa mendapatkan manfaat yang sama. Tunggu apalagi, ayo olahraga sambil bermain dengan si kulit bundar! (pet)



Sumber
VIVAnews


Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates