-->

Sabtu, 04 Desember 2010

Manfaat Bunga Rosella Bagi Tubuh Anda


Ternyata bunga Rosella belum banyak orang yang mengetahui manfaatnya. Kebanyakan dari mereka menganggapnya hanya sebagai bunga hiasan taman rumah saja, padahal bunga Rosella ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh.Konon asal muasalnya Rosella florida cranberry adalah dari Africa Barat, namun kini diberbagai Negara tropis sudah banyak juga yang membudidayakan. Kelopak bunga Rosella punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bunga Rosella lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Sebagai contoh, setiap 100 gr bunga Rosella mengandung 244,4mg vitamin C, dengan berat yang sama, jeruk hanya mengandung 48 mg, belimbing hanya 25,8 mg sedangkan papaya mengandung 71 mg. Selain kandungan vitamin c yang sangat tinggi, Rosella juga kaya akan mineral seperti kalsium, phosphor, potassium dan zat besi yang sangat penting untuk tubuh.Selain vitamin C, Rosella juga mengandung vitamin B1, B2, niasin dan vitamin D. Tubuh manusia membutuhkan 22 asam amino. Dari 22 ini, 18 nya terpenuhi dari bunga Rosella. Dua diantaranya(Arginie dan Lysine) bila bersinergi dengan Glutamid acid (salah satu jenis asam amino) akan merangsang otak untuk menggerakkan hormon tubuh manusia (yang membuat tubuh lebih gairah dan awet muda).

Adapun khasiatnya bagi tubuh sebagai berikut:

1. Sebagai Anti Oksidan



Di Indonesia, penelitian tentang uji komponen zat gizi dan aktifitas anti oksidan pada kelopak bunga rosella pernah diteliti oleh Ir. Didah Nurfaridah di tahun 2005, dalam penelitiannya , staf pengajar departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi pertanian, Institut Pertanian Bogor, menemukan bahwa kadar anti oksidan dalam kelopak bunga rosella kering jauh lebih tinggi dibanding dengan tanaman kumis kucing dan bunga knop. Zat aktif yang paling berperan dalam kelopak bunnga rosella meliputi gossypetin, anthosianin, dan glucoside hibiscin.

Kadar anti oksidan yang tinggi pada kelopak rosella dapat menghambat radikal bebas. Beberapa penyakit kronis yang banyak ditemui saat ini banyak disebabkan oleh paparan radikal bebas yangn berlebihan. Diantaranya kerusakan ginjal,, diabetes, mellitus, jantung koroner, hingga kanker. Selain itu, radikal bebas juga dapat menyebabkan proses penuaan dini.

Semakin pekat warna merah pada kelopak bunga rosella, rasanya akan semakin asam dan kandungan anthosianin (sebagai anti oksidan) semakin tinggi. Sayangnya kadar anti oksidan tersebut menjadi berkurang bila mengalami proses pemanasan dan pengeringan (dengan oven). Kadar anti oksidan tersebut berada pada tingkat tertinggi jika dikonsumsi dalam bentuk kering.

2. Anti Kanker



Dengan adanya anti oksidan, sel-sel radikal bebas yang merusak inti sel dapat di hilangkan. Itu sebabnya rosella memiliki efek anti kanker.

Hasil penelitian Hui-Hsuan lin dari Institute Of Biochemistry dan Biotechnology, Chung San Medical University, Taichung, Taiwan. Membuktikan bahwa rosella bersifat anti kanker lambung. Penelitiannya menemukan anti oksidan rosella membunuh sel kanker dengan metode sitotoksis dan apoptosis.

Penelitian lain yang dilakukan oleh DE-Xing Hou di Jepang, seorang peneliti dari Department of Biochemical Science Ang Technology, Faculty Of Agricultur, Kagoshima University, Jepang, menemukan bahwa delphidin 3-sambubioside, antioksidan rosella ampuh mengatasi kanker darah alias leukemia.. Cara kerjanya dengan menghambat terjadinya kehilangan membrane mitokondria dan pelepasan sitokrom dari mitokondria ke setosol.

3. Anti Hipertensi



Mauren Williams, ND, seorang Dokter naturopathy dari Bastyr University di Seattle, Amerika Serikat, telah melakukan studi terhadap 70 orang dengan tingkat penyakit hipertensi ringan hingga sedang yang berada dalam kondisi sehat dan tidak melakukan pengobatan apapun sejak sebulan sebelum penelitian dilakukan. Secara acak, sebagian orang diminta untuk mengkonsumsi the rosella sebanyak 1 liter sebelum sarapan pagi, sebagian lagi mengkonsumsi 25 mg obat anti hipertensi. Setelah empat minggu, ternyata tekanan darah diastolic berkurang hingga sepuluh angka untuk 79 % orang yang mengkonsumsi rosella dan 84 % untuk orang yang mengkonsumsi obat antihipertensi.

Kegunaan Lain Dari Bunga Rosella, yaitu:

a. Menurunkan kolesterol dalam darah

b. Menurunkan tekanan darah

c. Menjga stamina

d. Menyeimbangkan berat badan

e. Mengobati Batuk dan Diare

f. Mengurangi Migrane / pusing kepala sebelah

g. Mengurangi panas dalam

Semoga tips ini bisa bermanfaatnya…?


Artikel Yang Berhubungan



2 komentar:

rijal mengatakan...

Yeb itu Bunga rosella memang bagus untuk minuman kesehatan dan dapat di gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit spt darah tinggi, kolesterol, migraine, dll. Tapi perlu di waspadai bagi yg punya sakit maag saat penyeduhan airnya harus di kasih lebih. Bila Butuh rosela merah, ungu, serbuk/rajang bisa hubungi 081335929777, Trim's

Anonim mengatakan...

Hі! I simply wish to offеr you а huge
thumbs up for your great informаtiоn you haѵe right here
on thiѕ post. I will be coming baсk to уour web site for moгe soon.


Fеel frеe to visit my ωeblog - linked internet site
Also see my page > org.au

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates