-->

Rabu, 29 Desember 2010

Makanan berlemak, mengandung banyak gula, berkalori tinggi, dan sedikit nutrisi biasa mewarnai sebuah pesta atau perayaan, termasuk dalam pesta menyambut datangnya tahun baru

Saat inilah biasanya banyak orang memanjakan diri dengan berbagai makanan enak. Ada baiknya, agar tak menyesal, mulailah melakukan sedikit improvisasi pada menu makanan pesta Anda. Yang bergizi ternyata juga bisa terasa enak.

Makanan yang terbuat dari susu

Anda tetap dapat menikmati lezatnya susu pada makanan walaupun bahan dasarnya diganti dengan susu rendah lemak atau tanpa lemak. Untuk makanan berbahan keju, Anda bisa menggunakan keju rendah lemak yang saat ini sudah dapat dengan mudah ditemukan di supermarket.

Tapi, jika Anda menggunakan produk-produk yang mengandung banyak lemak seperti butter, mayonnaise, krim, pastikan Anda menggunakannya dalam jumlah sedikit.

Daging

Lebih baik gunakan daging ayam pada bagian dada daripada pada bagian paha karena kandungan lemak pada bagian dada lebih banyak dibanding pada bagian dada. Usahakanlah untuk membuang lemak yang terlihat pada daging.

Namun, akan lebih baik jika Anda memilih ikan. Tuna dan Salmon memiliki nutrisi yang baik untuk hati dan jantung. Olah ikan dengan cara memanggang, dan merebus, dijamin rendah lemak dan bernutrisi tinggi.

Masak daging dengan menggunakan penyaringan sehingga lemak tidak menempel pada daging. Memasak sup yang menggunakan daging pun ada tipsnya agar tetap sehat saat dikonsumsi.

Caranya, dinginkan sup, saring lemak yang dingin di atas permukaan, lalu hangatkan kembali sup sebelum disajikan. Taburan potongan-potongan sayur seperti, peterseli, tidak hanya mempercantik tampilan tetapi juga untuk menghindari lengketnya lemak saat dikonsumsi.

Sayuran

Untungnya, hampir semua sayuran mengandung sedikit lemak atau bahkan tanpa lemak sekalipun. Namun, apa yang kita tambahkan pada penyajian sayurlah yang membuat sayuran menjadi 'jahat' untuk dikonsumsi.

Hindari penggunaan saus krim atau butter saat mengolah sayuran. Kentang salah satu sayuran yang tidak mengandung lemak dan sangat menyehatkan. Mengandung sedikit garam, sumber dari vitamin B dan C, serta mengandung potassium.

Kulitnya bahkan mengandung serat yang sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengurangi resiko kanker. Namun, biasanya kita menambahkan butter untuk membuat mashed potato, atau menggoreng kentang, sehingga makanan tersebut pun akhirnya menjadi makanan tinggi lemak.

Pastikan pengolahan sayuran tidak menggunakan bahan-bahan yang dianggap 'musuh' tubuh. Salad adalah makanan yang biasanya ada dalam setiap perayaan, pengolahan sayurannya pun sangat mudah diatur kadar nutrisisnya dan lemaknya.

Makanan penutup

Makanan pada perayaan tidak akan cukup tanpa dessert atau makanan penutup. Namun, dessert merupakan 'musuh' paling manis, apalagi untuk kaum hawa. Cobalah untuk lebih bijaksana dalam memilih menu dessert agar tidak menyesal nantinya. Pilihlah menu dessert yang tidak terlalu banyak mengandung gula dan lemak. Anda dapat memilih cookies dan gingerbread daripada cake.

Anda juga dapat mengurangi porsi makanan Anda. Jadi, cobalah untuk mengontrol nafsu makan Anda terhadap dessert cantik pada perayaan tahun baru nanti.

Minuman

Pilihlah jus buah alami ketimbang soda atau minuman beralkohol. Namun, jika Anda menginginkan soda, pilihlah diet soda. Favorit jus buah dan diet soda pun dapat dicampurkan, jadi Anda tetap dapat menikmati gemerlapnya perayaan dengan minuman yang sehat dan nikmat di tangan Anda.

Perayaan malam tahun baru 2011 pun siap digelar, kita pun siap untuk tetap sehat walau harus melahap banyak makanan. Pastikan juga berolahraga pada keesokan harinya.

Sehat bisa nikmat juga, kan? (pet)



Sumber
VIVAnews


Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates