-->

Sabtu, 04 Desember 2010

Cara Cepat Turunkan Kolesterol


JAKARTA — Menurunkan kadar kolesterol sebesar 1 persen ternyata bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 2 persen. Berikut beberapa tips untuk memangkas kadar kolesterol jahat dalam darah.

1. Buat target
Bila Anda termasuk dalam kelompok risiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular (riwayat keluarga, hipertensi, kegemukan, dan merokok), biasanya dokter menargetkan penurunan kolesterol jahat (LDL) kurang dari 70.

Untuk mereka yang berada dalam kelompok risiko sedang, penurunan kadar LDL 130 sudah dianggap baik. Bila Anda beruntung berada dalam kelompok risiko rendah, kadar LDL yang ditargetkan adalah kurang dari 160.

2. Olahraga
Tidak hanya menurunkan kadar LDL, aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 10 persen. Demikian menurut penelitian yang dilakukan para ahli. Kuncinya adalah melakukan olahraga secara teratur.

3. Menghindari lemak jenuh
Teori lawas menyebutkan, cara mengurangi kolesterol adalah dengan berhenti mengonsumsi telur dan makanan berkolesterol tinggi lainnya. Namun, kini semakin jelas bahwa biang keladi utamanya adalah lemak jenuh. Itu sebabnya, batasi makanan yang

4. Makan lebih banyak serat
Biji serelia utuh, sayuran dan buah, merupakan sumber terbaik antioksidan yang baik untuk jantung, tetapi juga penurun kolesterol. Serat yang larut dalam air diyakini lebih efektif menurunkan kolesterol karena sifatnya yang seperti spons dan mudah menyerap kolesterol di saluran pencernaan.

5. Perbanyak ikan
Ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat dari mengonsumsi ikan laut yang kaya omega-3. Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan ikan laut serta suplemen minyak ikan sebagai sumber omega-3 yang baik untuk jantung.

6. Konsumsi teh hijau
Penelitian pada hewan percobaan dan manusia menunjukkan teh hijau mengandung zat yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

7. Obat penurun kolesterol
Dalam memilih obat penurun lemak, pertimbangkan kemampuan obat tersebut dalam menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan meningkatkan kolesterol baik. Pertimbangkan pula efek samping obat dan faktor harga mengingat obat penurun lemak ini biasanya perlu digunakan dalam waktu lama.

8. Berhenti merokok
Para perokok biasanya memiliki kadar kolesterol baik sangat sedikit.


Sumber
KOMPAS.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates