-->

Kamis, 07 Oktober 2010

Lawan Kolesterol Jahat dengan Bawang Merah

Kadar kolesterol jahat (LDL) Anda sedang tinggi? Perbanyaklah konsumsi bawang merah. Bumbu makanan yang memiliki rasa khas ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, yang jika tidak terkontrol bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Bawang merah juga menjaga kolesterol baik dalam darah yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Penelitian dilakukan para ilmuwan Hong Kong yang memberikan bawang merah yang telah dihancurkan pada hamster yang mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

Mereka menemukan setelah delapan minggu kolesterol jahat (LDL) dalam darah hamster tersebut, menurun rata-rata 20 persen. Tetapi, selama periode waktu yang sama tidak ada penurunan tingkat kolesterol baik (HDL).

"Meskipun banyak penelitian tentang bawang, sedikit yang diketahui tentang bagaimana bawang berinteraksi dengan konsumsi gen manusia dan protein yang terlibat dalam metabolisme kolesterol.

Studi tersebut dilakukan untuk mengkarakterisasi interaksi antara bawang dengan enzim dalam upaya mengeksplorasi mekanisme yang mendasari penurunan kolesterol," kata Zhen Yu Chen, salah satu peneliti dari Chinese University of Hong Kong, sperti dikutip dari Daily Mail.

"Hasil penelitian ini mendukung klaim bahwa konsumsi bawang merah secara teratur bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner," kata menambahkan.

Bawang merah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya mengurangi risiko penyakit jantung beberapa penelitian juga menunjukkan bawang merah bisa mencegah kanker, mengatasi batuk dan demam.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates