-->

Minggu, 03 Oktober 2010

4 Vaksin Wajib Untuk Orang Dewasa


VAKSIN imunisasi tak hanya dibutuhkan anak-anak, tapi kini orang dewasa pun memerlukannya. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mengindahkan hal tersebut. Tahukah Anda sekitar 50 ribu warga Amerika meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksin.

Berikut empat jenis vaksin yang perlu kita dapatkan.

1. Vaksin flu
Vaksin ini berguna mencegah penularan virus influenza, penyakit menjangkiti sekitar 20 persen warga dunia yang menyebabkan gejala seperti demam, sakit kepala, sakit tenggorok, dan hidung mampat. Ada dua jenis vaksin flu, yakni vaksin reguler dan vaksin H1N1. Khususnya untuk vaksin flu babi (H1N1) akan mulai tersedia pada akhir tahun ini.

Adapun yang seharusnya mendapatkan vaksin ini yakni mulai dari bayi berusia 6 bulan ke atas hingga orang dewasa. Khususnya bagi mereka yang tergolong berisiko tinggi terjangkit komplikasi flu seperti anak berusia 6 bulan hingga 19 tahun, perempuan hamil, mereka yang berusia 50 tahun atau lebih, pasien penderita penyakit kronis, dan para pekerja medis.

Sebaiknya Anda mendapatkan vaksin ini sekali dalam setahun antara September dan Februari. Makin cepat makin baik.

2. Vaksin hepatitis B
Vaksin ini bertujuan mencegah penularan hepatitis B,penyakit yang menyerang hati dan bisa mengakibatkan penyakit kuning dan kanker hati.

Semua orang khususnya yang telah aktif secara seksual perlu mendapatkan vaksin ini. Vaksin ini telah mulai diberikan kepada anak-anak sejak 1991. Banyak yang tak menyadari sebenarnya penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual, atau dari jarum suntik dan penularan dari ibu kepada bayi yang dikandung.

Vaksinasi hepatitis B dilakukan dengan 3 kali penyutikan. Antara penyuntikan 1 dan 2 dibutuhkan selang waktu 1 bulan. Untuk penyuntikan ke-3, dilakukan 6 bulan kemudian dan vaksin ke-3 ini berfungsi sebagai booster sehingga akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah titer hasil penyuntikan sebelumnya masih tinggi atau tidak.

3. Vaksin HPV
Vaksin ini bertujuan melindungi kaum perempuan dari risiko mengidap penyakit kanker serviks dan infeksi kelamin lainnya akibat human papillomavirus (HPV) yang ditularkan melalui hubungan seksual sebesar 70-80 persen.

Vaksin ini disarankan bagi perempuan berusia 9-26 tahun. Vaksin ini hanya bisa mencegah bukan mengobati HPV. Namun, bila Anda telah terkena HPV,mendapatkan vaksin ini mungkin dapat mencegah infeksi yang lebih bururk. Bicarakan terlebih dahulu dengan ginekolog Anda apakah Anda memerlukannya. vaksin ini diberikan sebanyak tiga kali dalam enam bulan unutk imunitas seumur hidup.4. Tdap booster

4. Booster Tdap
Booster Tdap adalah vaksin untuk mencegah tetanus, difteri, dan batuk pertussis, tiga penyakit yang bisa membuat kita mesti dirawat intensif di rumah sakit bahkan bisa menimbulkan kematian.

Orang dewasa usia 19 hingga 64 tahun, sebaiknya mendapatkan vaksin ini. Pastikan Anda mendapatkan vaksin Tdap bukan hanya Td.

Jika orang dewasa belum pernah mendapatkan vaksin tetanus dan difteri sebelumnya, orang tersebut harus mendapat vaksinasi lengkap 3 dosis seri primer dari difetri dan toksoid tetanus (Td), dengan 2 dosis awal diberikan paling tidak dengan jarak 4 minggu dan dosis ketiga diberikan 6 hingga 12 bulan setelah dosis kedua. Satu dosis Td dapat diganti dengan Tdap pada salah satu dari 3 dosis seri primer. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan dosis penguat (booster) setiap 10 tahun sekali. Vaksin atau Td dapat diberikan pada dosis penguat (booster).(Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates