-->

Minggu, 03 Oktober 2010


Osteoporosis kini menjadi masalah serius dan besar di Indonesia. Berdasarkan data Puslitbang Gizi tahun 2006, dua dari lima orang di Indonesia berisiko terkena penyakit tulang keropos ini.

Untuk itu, Anda perlu tahu, sangatlah penting untuk 'menabung' dan memenuhi kebutuhan kalsium harian pada masa pertumbuhannya, yaitu mulai dari masa kehamilan, masa kanak-kanak dan dewasa.

“Pertumbuhan dan perkembangan tulang akan berada pada masa puncak ketika usia menginjak 30 tahun. Setelah itu, massa tulang akan menurun secara alami,” kata Dr. Tanya TM Rotikan, SpKO dari Ilmu Kedokteran Olahraga FKUI/ RSCM, Rabu 29 September 2010.

'Menabung' kalsium untuk tulang sehat hingga usia lanjut bisa dilakukan sejak usia muda dengan bergaya hidup sehat, antara lain, konsumsi nutrisi mengandung kalsium, menghindari kafein dan sodium berlebih, tidak merokok dan minum alkohol, melakukan aktivitas fisik cukup serta cukup mendapatkan paparan sinar matahari terutama di pagi hari.

Namun, bagi Anda yang menyukai oalahraga, latihan yang memberikan beban bisa membantu menstimulasi tulang untuk berkembang, sehingga dapat menjaga kepadatan tulang. Salah satu olahraga yang cocok adalah berjalan kaki. Kegiatan sederhana ini mampu menjaga keseimbangan dan mengurangi risiko terjatuh, sehingga membantu mencegah adanya risiko patah tulang dan juga osteoporosis.

“Meski begitu, berjalan kaki harus dilakukan dengan aturan benar. Setidaknya, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi agar berjalan kaki bisa berguna sebagai salah satu olahraga yang efektif bagi kesehatan tulang.”

Melangkah sebanyak 10.000 langkah dalam sehari adalah ukuran minimal dan dianggap aktif, jika para wanita khususnya yang lebih rentan mengalami osteoporosis ingin menjaga kondisi tulang. Usahakanlah untuk memperoleh 3000-4000 langkah dalam 30 menit selama berolahraga.

Sisanya, dapat dicapai dengan berbagai aktifitas fisik harian seperti berjalan kaki, menggunakan tangga daripada eskalator atau lift, bermain bersama anak, menyapu, berdansa, dan lainnya. Dengan begitu, total 10.000 langkah atau bahkan lebih bisa dicapai dalam sehari.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates