-->

Rabu, 15 September 2010

Cara Ampuh Redam Stres

Stres adalah suatu reaksi psikologis dan fisiologis atas perubahan situasi yang tidak dapat diterimanya. Saat stres tubuh melepas hormon stres yang disebut kortisol.

Jangan remehkan kondisi ini. Sebab, stres bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Bukan hanya memicu sakit kepala atau menurunkan tingkat kekebalan tubuh, stres juga berpotensi kuat memperparah penyakit.

Saat stres melanda, cobalah melakukan hal berikut demi menurunkan hormon stres:

• Tidur cukup: Pangkas kortisol 50%

Saat Anda tidur kurang dari delapan jam seperti yang dianjurkan ahli kesehatan, kadar kortisol naik hingga 50%.

• Minum teh: Pangkas kortisol 47%

Sudah jamak diketahui teh bisa membantu tubuh mengatasi stres. Andrew Steptoe, PhD, dari University College London melakukan studi dan membuktikan bahwa orang yang meminum teh terutama teh hitam bisa menurunkan kadar stresnya hingga 47%. Kandungan polifenol dan flavonoid dalam teh bisa memberi efek relaks.

• Meditasi atau kegiatan spiritual: Pangkas kortisol 25%

Dengan melakukan meditasi saat beryoga atau mendekatkan diri pada Tuhan, Anda bisa menurunkan kadar hormon stres. Penelitian University of Mississippi mengungkapkan, saat Anda dalam kondisi tenang secara spiritual, hormon stress bisa turun 25%.

• Makan permen: Pangkas kortisol 12-16%

Menurut penelitian Northumbria University di Inggris, orang yang mengunyah permen bisa menurunkan kadar kortisolnya hingga 16% daripada yang tidak makan permen.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates