-->

Rabu, 29 September 2010

Tips Tanamkan Pendidikan Seks pada Anak


HINGGA kini, seks masihlah menjadi hal yang cukup tabu untuk dibicarakan oleh orang tua kepada anak-anaknya, terutama di Indonesia. Padahal seks merupakan sebuah kebutuhan dasar manusia. Cepat atau lambat, atau suka tak suka anak kita pun akan mengenal seks. Maka itu, sebagai orang tua kita mesti mengatahui cara penyampaian yang tepat mengenai pengetahuan tentang seks kepada anak.

Berikut beberapa tips bagi orang tua dalam menanamkan pendidikan seks kepada anak dari psikiater dr Eka Viora SpKJ dari Angsa Merah.

1. Ubah paradigma bahwa seks bukanlah hal tabu untuk dibicarakan. Biasakan bicara secara terbuka di antara keluarga, termasuk tentang seks.
2. Jelaskan secara ilmiah dan alamiah masalah seks kepada anak sehingga mereka tidak malu untuk bertanya.
3. Ajarkan persoalan seks dari segi moral, norma, ilmiah, dan agama agar anak dapat memahami seks dengan benar dan sesuai dengan konteksnya.
4. Pakai istilah atau sebutan yang tepat dalam menyebutkan organ genital perempuan dan laki-laki, misalkan dengan sebutan 'vagina' bukan 'apem'.
5. Sesuaikan penjelasan mengenai seks dengan usia dan tingkat pemahaman anak.
6. Batasi penjelasan atau jawaban hanya pada pertanyaan anak, jangan terlalu melebar jauh.
7. Mau mendengar dan peka terhadap pertanyaan-pertanyaan kriotis anak, bahkna yang terkesan menyeremoet seperti sola mimpi basah atau masturbasi. Katakan bahwa hal itu wajar dalam usia puber. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates