-->

Minggu, 26 September 2010

Cegah Migrain dengan Perubahan Gaya Hidup


SAKIT kepala sebelah atau migrain merupakan sakit kepala yang bisa sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Pada beberapa kasus, penderita bahkan merasa mual atau muntah serta harus menghindar dari cahaya. Sakit kepala sebelah ini, biasanya didahului oleh beberapa faktor pemicu. Karena itu, untuk melawan migrain, Anda bisa memulainya dengan melakukan perubahan gaya hidup dan menghindari pemicu. Berikut beberapa perubahan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar migrain tidak mendekat.

1. Mengatasi dan mencegah kadar gula darah rendah

Kadar gula darah rendah merupakan salah satu pemicu migrain yang paling umum. Gejala-gejalanya beragam mulai dari lemas, gemetar, mudah iritasi, pusing, kelelahan dan pucat. Dan, pola makan yang baik, dengan kaya serat dan gula terbukti bermanfaat. Makanan seperti ini termasuk buah, sepotong roti dari whole grain dengan topping pisang, madu, biskuit dan lain-lain. Jangan lupa selalu sediakan kudapan sehat baik di tempat kerja atau di rumah.

2. Cobalah tetap konsumsi makanan segar

Fokuslah dengan rencana makan sayur dan buah segar, makanan dari whole grain, pilihlah daging yang rendah lemak, serta batasi lemak dan perbanyak minum air. Hindari daging olahan yang mengandung monosodium glutamate (MSG). Selain itu, variasikan makanan Anda untuk menjaga agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dan bebas dari penyakit.

3. Hindari kelebihan kafein, alkohol dan makanan pencuci mulut

Jangan lupa, kafein, anggur merah dengan kadar alkohol tinggi, keju yang telah lama, serta cokelat merupakan pemicu migrain. Mulailah melakukan pembatasan dengan mencatat apa yang Anda makan yang mungkin memicu munculnya migrain. Pemicu seperti keju bisa memicu migrain dalam 20 menit.

4. Diet seimbang

Makanlah diet seimbang dalam porsi kecil secara teratur. Cobalah menghindari rentang lebih dari 3 atau 4 jam antara jam makan Anda. Makan teratur tidak hanya akan menjaga kadar gula darah tetap stabil, tetapi juga melindungi lambung dari kelebihan asam dan memastikan bahwa tetap ada makanan yang bergerak melalui usus.

5. Turunkan berat badan

Sesuaikan berat badan dengan tinggi badan Anda. Jika kelebihan berat badan, mulailah menerapkan pola diet sehat dan melakukan latiha fisik secara rutin. Jangan lupa, kelebihan berat badan bisa mempengaruhi tekanan darah, dan ini potensial menyebabkan migrain. Selain itu, latihan aerobik selama paling tidak 30 menit 3 kali seminggu akan membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain.

6. Pertahankan pola tidur teratur

Pola tidur yang tidak teratur seringkali menjadi penyebab munculnya migrain. Sebaliknya tidur berlebih di akhir minggu juga tetap bisa menimbulkan migrain. Karena itu, cobalah tidur dengan durasi dan jam yang sama setiap malam.

7. Luangkan waktu untuk relaks

Meskipun hanya 15 menit per hari, luangkanlah waktu Anda untuk mengurangi stres fisik dan mental. Buat jadwal khusus untuk relaks. Selain itu, jangan lupa selama beberapa kali tarik nafas panjang sepanjang hari. Hal ini sangat penting untuk mendistribusikan oksigen ke setiap bagian tubuh Anda.

8. Bertindak cepat

Begitu merasakan sakit kepala, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau mengurangi aktivitas untuk menurunkan tingkat stres Anda. Deteksi dini bisa membantu mencegah migrain semakin parah. Mungkin Anda bisa juga mencoba cara yang telah efektif dilakukan beberapa orang seperti mengompres leher bagian belakang dengan es. Penggunaan obat sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku


Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates