-->

Rabu, 29 September 2010

Tips Hindari Stres di Kantor


Apakah Anda merasa bosan di kantor, lelah dengan aktifitas harian yang itu-itu saja, atau malah Anda merasa tidak bergairah memulai hari. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk kembali memulihkan stamina dan vitalitas Anda.

Rasa bosan bisa mengakibatkan kelelahan, stres dan terkurasnya energi sehingga akan mengganggu aktifitas harian Anda.

1. Tambah asupan magnesium Anda

Memakan makanan seimbang dengan menambah asupan vitamin dan mineral, membuat energi Anda tidak akan terkuras habis. Jika Anda merasa kelelahan yang amat sangat, bisa jadi asupan magnesium Anda sedikit.

Pada sebuah studi yang dilakukan di Departemen Pertanian di Grand Forks, menyatakan bahwa wanita yang kekurangan magnesium memiliki kecepan jantung yang tinggi dan membutuhkan banyak oksigen untuk melakukan aktifitas fisik dari pada mereka yang mencukupi kebutuhan magnesiumnya.

Jumlah yang direkomendasikan dalam mengonsumsi magnesium sekitar 300 miligram untuk wanita, dan 350 miligram untuk pria. Untuk memastikan bahwa Anda telah mencukupi kebutuhan magnesium, ahli menyarankan :
- Tambahkan segenggam penuh kacang almond, hazelnut atau kacang mede pada menu harian Anda.
- Tambah makanan harian Anda dengan biji-nijian, seperti gandum.
- Makan lebih banyak ikan, terutama ikan laut.

2. Berjalan kaki

Jalan kaki merupakan kegiatan yang paling mudah dilakukan, tidak memerlukan latihan atau perlengkapan khusus dan Anda bisa melakukannya dimanapun. Dalam sebuah aksperimen, dengan berjalan 10 menit tidak hanya dapat meningkatkan energi, tapi juga berefek hingga dua jam kedepan.

3. Tidur sejenak yang bermanfaat

Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita 'overload' menerima informasi dan otak kita menekan energi yang terlalu berat dapat menguras energi. Tapi studi yang dilakukan oleh Institut Nasional Kesehatan Mental menemukan bahwa hanya dengan memanfaatkan tidur selama 60 menit di siang hari, tidak hanya dapat membalik efek mind-numbing karena memory yang overload, juga mampu membantu meningkatkan daya ingat.

4. Jangan lewatkan sarapan

Studi menunjukkan bahwa dengan menikmati sarapan sehat setiap pagi dapat membuat mood kita lebih baik, dan memiliki asupan energi yang cukup sepanjang hari.

5. Kurangi stres dan amarah

"Salah satu penyebab terkurasnya energi adalah stres." kata psikologist Pauk Baard, PhD. "Stres bisa menyebabkan kelelahan, dan kelelahan tidak menyisakan energi sedikitpun untuk kita," kata Baard.

Seperti rasa khawatir dan ketakutan, stres dapat membuat Anda lelah secara fisik dan mental, meskipun Anda menghabiskan hari Anda di tempat tidur. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membakar semua stres dan amarah, seperti mendengarkan musik, membaca novel romantis yang menyentuh, atau bahkan berbicara dengan sahabat di telepon.

6. Minum lebih banyak air dan kurangi alkohol

Anda tentu bisa membedakan rasa lapar dan haus. Tapi tahukan Anda bahwa rasa haus yang Anda rasakan bisa juga 'kamuflase' dari rasa lelah ?

"kadang, meskipun dehidrasi ringan dapat membuat Anda merasa lelah, lemah dan lesu," kata ahli nutrisi Keith Ayoob, EdD, RD sekaligus penulis The Uncle Sam Diet

Solusinya mudah, minum segelas air. Ini sangat penting untuk mengembalikan energi setelah latihan, ketika tubuh Anda cenderung membutuhkan cairan. Jika Anda mendapati diri Anda dalam keadaan lelah, bahkan setelah tidur malam yang nyenyak, cobalah untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan Anda meminum minuman beralkohol.

7. Kurangi makanan atau minuman manis

Kuncinya adalah tetap menjaga kadar gula dalam darah seimbang, jadi energi yang Anda miliki konstan. Ketika Anda memakan makanan manis, kadar gula Anda akan naik, dimana akan menyebabkan Anda kehabisan banyak energi. Jika Anda mengonsumsi makanan manis ketika siang hari, maka pada malam hari Anda akan merasa kelelahan.

8. Pilih kudapan sehat

Pilihlah kudapan atau camilan sehat penuh energi yang mengandung protein, serat dan sedikit lemak. Seperti roti tawar gandum yang diolesi selai kacang, atau yogurt dengan segenggam kacang-kacangan.


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates