-->

Rabu, 29 September 2010

Madu, Makanan Lezat Segudang Manfaat


MAKANAN enak seringkali diidentikkan dengan makanan yang tidak sehat karena biasanya mengandung banyak gula, garam, atau lemak. Tapi, hal ini tidak berlaku bagi madu. Anda pasti sudah tahu kalau madu rasanya manis dan enak dimakan. Tapi, yang lebih penting lagi, madu tetap baik bagi kesehatan.

Madu merupakan sumber karbohidrat alami dan berfungsi mensuplai energi bagi tubuh. Madu bisa meningkatkan performa tubuh dalam waktu singkat dan mengurangi kelelahan pada otot-otot. Hal ini karena kandungan glukosa pada madu bisa diserap tubuh dengan cepat. Dengan begitu, energinya bisa langsung dirasakan. Bukankah kebanyakan gula tidak bagus untuk tubuh? Jangan cemas, madu terbukti lebih bisa menjaga kadar gula darah tetap konstan dibandingkan dengan gula yang lain.

Pembangun imunitas tubuh

Disamping berbagai manfaat lain, salah satu manfaat terpenting dari madu adalah membangun sistem kekebalan tubuh. Madu mengandung antioksidan dan zat anti bakteri yang bisa memperbaiki sistem pencernaan, menjaga Anda
tetap fit dan membantu tubuh melawan penyakit.

Tidak perlu ragu menambah asupan madu Anda. Sebuah studi dari University of California yang dipublikasikan tahun 2004 menunjukkan, mengganti gula biasa dengan satu sendok penuh madu sebagai pemanis makanan dan minuman Anda bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Berdasarkan studi tersebut, madu tidak hanya akan memuaskan selera lidah Anda tapi juga meningkatkan kadar antioksidan (yang berfugsi melawan penyakit) dalam darah. Menurut para peneliti, madu mengandung polyphenol, antioksidan kuat, yang diyakini bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Peneliti bahkan menyimpulkan, mengganti pemanis tradisional dengan madu merupakan pilihan yang lebih sehat.

Madu sebagai penyembuh alami

Selama ribuan tahun, madu telah dikenal sebagai salah satu obat penyembuh alami. Madu terbukti efektif menyembuhkan berbagai penyakit, seperti infeksi jamur dan sakit akibat arthritis. Kandungan antiseptik dalam madu bisa menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan menjaga agar luka terbuka tetap bersih dan bebas dari infeksi.

Madu telah digunkan untuk pengobatan pertama dalam mengatasi luka, luka bakar serta tusukan. Madu bisa menyerap cairan dari udara dan bersifat menyembuhkan. Kandungan anti bakterinya selain mencegah infeksi juga bisa berfungsi sebagai anti peradangan, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, serta bekas luka.

Meredakan efek alkohol

Jika Anda terlalu banyak minum alkohol, Anda bisa menghilangkan efeknya dengan menggunakan madu. Madu nyaman di perut serta mengandung campuran gula alami seprti fruktosa yang diyakini bisa mempercepat proses oksidasi alkohol oleh hati. Anda bisa menggunakan campuran 15 mililiter madu, 80 mililiter jus jeruk dan 70 mililiter yogurt alami.

Madu atasi sakit tenggorokan

Salah satu lagi manfaat madu adalah meredakan sakit tenggorokan. Madu tidak hanya mengurangi rasa sakitnya tapi kandungan anti bakterinya akan membunuh bakteri-bakteri penyebab infeksi.

Caranya: Minumlah satu sendok makan madu untuk meredakan rasa sakit atau berkumurlah dengan campuran 2 sendok madu, 4 sendok makan jus lemon dan sedikit garam.


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates