-->

Minggu, 26 September 2010

Enam Cara Asyik Memasak Bersama Anak


DAPUR adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan anak-anak. Selain menyenangkan, Anda sekeluarga dapat membuat masakan kreatif nan lezat. Dengan mengajarkan beberapa tahap memasak kepada anak, niscaya anak akan selalu mengingat ilmu itu yang nantinya menciptakan rasa percaya diri pada diri mereka karena mampu membuat masakah sendiri.

Mungkin Anda akan membayangkan betapa repotnya memasak dengan anak-anak dan tentunya akan memakan waktu. Memang di saat-saat pertama memasak dengan anak, Anda harus ekstrasabar dan persiapakan diri untuk berkotor-kotor ria bergurau dengan anak. Berikut beberapa aktivitas memasak yang dapat Anda lakukan dengan anak yang dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.

1. Buat pilihan makanan melalui piramida lalu tempelkan di pintu kulkas. Minta setiap anak memberikan saran apa yang harus dimasak kali ini. Setelah menghimpun saran lalu diskusikan apa makanan yang terbaik hingga mencapai kesepakatan di puncak piramida. Dengan begini, anak akan tahu bagaimana cara memilih makanan dari sisi gizi dan nutrisi seimbang.

2. Motivasi anak untuk berpartisipasi. Setiap membuat resep, anak memiliki tugas yang dapat dikerjakan meski hanya memcuci daun slada atau memecahkan telur. Buatlah anak juga bisa mengerjakan hal serius lainnya seperti mengupas wortel, menakar bahan, atau pekerjaan apa pun yang tergolong aman dilakukan. Memberikan tugas kepada anak adalah sesuatu yang penting. Ditambahkan, anak yang enggan memakan sayuran mungkin nantinya akan berpikir untuk memakannya karena telah bisa memasaknya sendiri.

3. Buat masakan internasional dengan anak, seperti masakan Italia, China, atau Jepang. Bawalah nuansa sebuah negara supaya Anda dapat menggambarkan kehidupan di negara lain, masyarakat maupun kebudayaannya.

4. Bicara dan baca. Anak-anak dapat belajar dengan mudah dengan memperhatikan dan mendengar. Beri mereka sendok takaran dan plastik sembari Anda menjelaskan kepada mereka apa yang sedang Anda lakukan. Untuk anak yang teklah berada di bangku sekolah dasar, minta mereka untuk membacakan resep dengan suara lantang. Dengan begitu, anak bisa berlatih membaca. Setelah membacakan resep lalu tentukan tugas apa saja yang harus dilakukan tiap anak.

5. Berbelanja sembari belajar matematika dengan anak. Ya, sambil membawa anak ke pasar, Anda juga bisa mengajarkan mereka banyak hal. Seperti bagaimana cara menakar bahan makanan lalu disesuaikan dengan harganya dan ajari anak hitung-hitungan saat pembayaran di kasir.

6. Jadikan dapur seakan-akan menjadi ruang kelas. Contohnya dengan bermain kata sperti ABC, A unutk apel, B untuk bawang, dan C untuk cabai. Ajarkan juga bagaimana cara mengatur meja makan. Dengan begitu anak akan sangat bersemangat menunggu-nunggu saat makan dengan semua anggota keluarga. (Pri/OL-06)



Sumber
mediaindonesia.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates